Mengenal Jenis Pipa HDPE PN16

Pipa HDPE memiliki banyak varian dengan kegunaan yang berbeda-beda seperti jenis pipa HDPE PN16. Varian tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis pipa yang dijual di pasaran memang banyak sekali variannya. Tentu Anda akan dibuat kebingunan untuk memilih pipa yang tepat. Pertimbangan penting ketika memilih pipa bukan hanya pada ukurannya saja tetapi Anda juga harus mengetahui tekanannya. Tekanan ini sangat penting untuk menentukan banyaknya air yang nantinya melewati pipa. Pada setiap jenis pipa memiliki tekanan berbeda-beda. Jenis tekanan pada pipa HDPE menggunakan skala PN yang merupakan kepanjangan dari Pressure Nominal. PN ini merupakan parameter untuk mengetahui tingkat kekuatan pipa ketika mendapat tekanan dari dalam. Skala PN berhubungan dengan ketebalan dinding dari sebuah produk pipa. Semakin tinggi skala PN maka dinding pipa juga semakin tebal. Begitu pula sebaliknya semakin rendah skala PN maka dinding pipa semakin tipis.


Dengan melihat tekanan pada jenis pipa HDPE sangat penting untuk menentukan usia penggunaannya. Inilah beberapa jenis tekanan yang harus Anda ketahui sebelum memilih pipa. Pertama ada tekanan Pipa HDPE PN6,3 yang merupakan jenis pipa paling kecil dengan nominal tekanannya 6.3 kg/cm2. Jenis pipa ini mempunyai ketebalan dinding paling tipis dan diameter pipa dari 3 inch (90mm) hingga 24 inch (630mm). pipa ini cocok digunakan untuk aliran air bertekanan rendah maupun tanpa tekanan. Bisa juga untuk pelindung kabel karena ketebalan dinding pipa yang lebih tipis dibanding jenis lain. Kedua ada tekanan pipa HDPE PN8, jenis pipa ini cocok untuk saluran air bertekanan rendah yang tidak sampai 8 Kg/cm2 atau 8 bar. Ketiga ada tekanan pipa HDPE PN10 dengan tekanan sekitar 10 Kg/cm2 dengan diameter dari 50mm sampai 630mm. Pipa jenis ini digunakan pada semua jenis saluran air dan bisa juga digunakan sebagai penyambungan jenis pipa lain. Ketiga ada tekanan pipa HDPE PN12,5 dengan tekanan 12,5 kg/cm2. Untuk jenis pipa ini lebih cocok digunakan pada saluran air yang ada di daerah perkotaan dan pada daerah dengan kontur tanahn yang sulit. Kelima ada tekanan pipa HDPE PN-6, jenis ini memiliki ketebalan dinding yang paling besar. Dengan diameter 1/2 inch (20mm) hingga 24 inch (630mm). Pipa dengan tekanan yang paling besar ini cocok digunakan untuk saluran air yang tekanannya besar. Bahkan bisa juga digunakan pada saluran air yang siap untuk dikonsumsi.

Saat menentukan tekanan pipa tidak boleh sembarangan. Seperti penggunaan pipa HDPE PN16. Anda harus menyesuaikannya dengan proses penyambungan dan juga aliran air yang lewat. Jadi ketika membeli jangan hanya berpatokan pada ukuran saja tetapi juga tekanan pipa. Agar pemasangan tidak gagal dan sesuai dengan harapan.

Posted on Tags