sumbaronline
headline
Kab. Padang PariamanPNPM-MP Pacu Peningkatan Partisipasi Masyarakat
Jumat, 27 April 2012 - 15:35:11 WIB


PADANG PARIAMAN, SO--Tujuan khusus dari PNPM Mandiri Pedesaan salah satunya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat miskin atau kelompok perempuan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pelestarian pembangunan. 

Dengan adanya keterlibatan masyarakat tersebut, baik itu dari Ninik mamak, bundo kanduang serta pemangku-pemangku adat dan tokoh masyarakat lainnya, dapat hendaknya tersosialisikannya kebijakan dan program-program pemerintah serta terinfentarisir jumlah penduduk yang berada di dalam kemiskinan secara terperinci dan jelas. Ini bercermin dengan fungsi dan kedudukan mereka  di masyarakat. Sehingga nantinya penerapan program di masyarakat dapat lebih cepat dan tepat sasaran.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim ketika memberikan sambutan pada acara Sosialisasi PNPM Mandiri Perdesaan Kepada ketua KAN dan Bamus se-Kabupaten Padang Pariaman, Kamis pagi di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman.(26/4). 

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Prov. Sumbar, Irvan Khairul Ananda, Wakil Bupati Padang Pariaman, Damsuar, Sekda Kab. Padang Pariaman, Tokoh masyarakat padang Pariaman Bagindo M. Letter.

Wakil Gubernur Muslim Kasim mengatakan bahwa perlunya ditingkatkan peran serta dari masyarakat untuk segera mengentaskan kemiskinan di daerah mereka sendiri. Berawal dari pemahaman kebijakan-kebijakan pemerintah dan kemudian dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Inisatif, kreatifitas peran sangat perlu ditingkatkan lagi, terutama perempuan yang mempunyai posisi strategis dan penting di dalam masyarakat kita. Dapat kita lihat bersama bahwa jumlah angka kemiskinan di wilayah sumatera barat tiap tahunnya berkurang, pada tahun 2010 berjumlah 430.024 orang, sekitar 9,50%, dan mengalami penurunan untuk tahun 2011 yang berjumlah 442.085 orang atau sekitar 9,04%, ini juga adalah salah satu hasil dari tepat dan baiknya pelaksanaan program serta kebijakan pemerintah. 

Target Sumatera Barat pada tahun 2012 ini angka kemiskinan dapat berkurang lagi menjadi 8,55% saja, Dengan demikian untuk mencapai target tersebut, marilah kita bersama-sama, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah berkolaborasi, bekerjasama untuk dapat segera mewujudkannya dengan terindikatornya masalah-masalah yang dihadapi di masyarakat dan kemudian merumuskan solusi-solusi yang terbaik untuk mengantisipasi dan menyelesaikannya.

Lebih lanjut Muslim Kasim mengatakan strategi utama untuk mengentaskan kemiskinan tersebut adalah dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta perluasan dan peningkatan kesempatan kerja. Pemerintah telah menetapkan master plan ekonomi untuk mewujudkan hal tersebut, yang dibagi dalam cluster-cluster. 

Untuk Cluster pertama dapat diberikan bantuan program seperti beasiswa miskin, jamkesmas, raskin, PKH dan BLT serta bantuan lainnya bila diperlukan. Untuk Cluster kedua diberikan bantuan program PNPM, Dan Cluster ketiga, diberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR), ketiga cluster ini yang dihuni oleh Rumah tangga miskin RTM ,RTSM, RTHM. 

Terakhir Muslim Kasim kembali menegaskan agar masyarakat bergerak proaktif dalam mengusulkan program-program yang sangat mereka butuhkan. Dapat digambarkan bahwa masyarakatlah yang berencana, masyarakat yang melaksanakan dan mengolahnya dan hasilnya juga untuk masyarakat. itulah yang seharusnya kita lakukan.

"Contohnya apabila di suatu daerah belum memaksimalkan potensi pertaniannya, maka program peningkatan pertaniannya lah yang di usulkan, bukan program lainnya yang tidak berpotensi di daerah tersebut," pungkasnya. 

Dilaporkan : zarsyah
PNPM-MP Pacu Peningkatan Partisipasi Masyarakat - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau