sumbaronline
headline
Kota SawahluntoDPRD Sawahlunto Setujui 5 Ranperda
Kamis, 19 April 2012 - 17:51:03 WIB


SAWAHLUNTO, SO--Tiga fraksi DPRD Kota Sawahlunto akhirnya sepakat menyetujui 5 dari 6 Ranperda yang diajukan pihak pemerintah menjadi Perda Kota Sawahlunto. 

Ketiga frkasi tersebut adalah Fraksi Gabungan, fraksi Persatuan Pembangunan dan fraksi Golkar. Penetapan 5 Ranperda dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD pada Kamis (19/4), diruang rapat DPRD Kota Sawahlunto yang dihadiri Wako Amran Nur, Sedako Zohirin Sayuti serta tokoh masyarakat.

Adapun 5 Ranperda yang disetujui itu adalah Ranperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah daerah pada PT.Wahana Wisata Sawahlunto, ranperda tentang penyidik pegawai negeri sipil, ranperda tentang perubahan atas perda no 18 tahun 2008 tentang penyertaan modal daerah sebagai pendiri PT.Wahana Wisata Sawahlunto, ranperda tentang perubahan atas perda no 14 tahun 2010 tentang penyertaan modal pemerintah kota Sawahlunto pada PT. Bank Nagari Sumbar, serta ranperda tentang perubahan atas perda no 13 tahun 2010 tentang penyertaan modal pemerintah kota Sawahlunto pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Fraksi Golkar dengan juru bicaranya Bakri, SP berharap penyertaan modal pemerintah pada BPR hendaknya mampu menstimulasi kegiatan ekonomi kerakyatan sebagaimana yang digariskan dalam APBD setiap tahunnya.

Begitu juga, Fraksi Golkar menekankan penambahan penyertaan modal pada BPR ini mampu meningkatkan kenerja jasa keuangan dalam rangka solusi jasa keuangan daerah yang dikelola oleh lembaga tersebut. ”Kami menyarankan juga perlunya jaminan oleh pengelola lembaga keuangan tersebut”, ujar Bakri.

Sedangkan fraksi Persatuan Pembangunan yang disampaikan Dasrial Ery, SE minta kepada pemerintah Kota Sawahlunto tentang pembangunan Sky Lift perlu dipersiapkan dari sekarang tenaga yang professional, terutama untuk management dan teknik operasional sky lift, sehingga setelah selesai dapat segera beroperasi.

Untuk pengembangan objek wisata, fraksi PPP minta pemerintah dapat mencarikan investor baru sehingga pembangunan pariwisata tidak terus membebani APBD. 

“Kepada management PT.WWS kami minta laporannya secara berkala setiap enam bulan disampaikan ke DPRD agar fungsi pengawasan dari DPRD bisa terlaksana”, pintanya.

Sedangkan fraksi Gabungan dengan juru bicara Asrijal, SE lebih menyoroti ranperda perubahan atas Perda nomor 18 tahun 2008 tentang penyertaan modal daerah sebagai pendiri PT.WWS. 

Disini fraksi Gabungan melihat pemerintah daerah cenderung tidak konsekwen melaksanakan aturan-aturan yang telah dibuat dan ditetapkan sendiri, terutama perubahan perda baru dilaksanakan setelah perda itu sendiri dilanggar pemerintah daerah.

”Harapan kami dari fraksi gabungan, apabila pemerintah daerah akan membuat suatu program bertentangan dengan perda yang ada, program dimaksud tidak dapat dilaksanakan sebelum perda bersangkutan belum dirobah”, tegasnya.

Khusus Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Sawahlunto tahun 2013- 2032, seluruh fraksi sepakat memperpanjang waktu pembahasannya dengan alasan agar ranperda RTRW ini benar-benar mendekati kesempurnaan dalam segala aspek, sehingga nanti dapat mengakomodir kebutuhan daerah dan masyarakat dalam berbagai hal. 

Dilaporkan : Rifad


Berita terkait :
  • Pelaksanaan UN di Agam Sampai Hari Terakhir, Lancar
  • Wawako Edwin Dapat Dukungan Moril Partai Golkar
  • Bangunan SUTT di Pessel Bakal Tuntas Jelang Agustus
  • Tim O2SN Dharmasraya Bertekad Pertahankan Juara Umum
  • Dua Tahun Vakum, FKKPI Limapuluh Kota Diminta Muscab

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau