sumbaronline
utama auto rental
headline
Kota Pariaman

Diwarnai "Makan Bajamba", Mukhlis R Hadiri Maulid Surau Lubuak

Rabu, 04 April 2012 - 17:45:56 WIB


PARIAMAN, SO--Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama masyarakat Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur dijamu dengan Makan Bajamba.

Tradisi makan bajamba ini biasa dan lazim dilakukan oleh masyarakat di daerah Minangkabau dalam memperingati hari baik dan hari Islam. Seperti  di Surau Lubuak Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur, ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihelat selama dua hari sejak 2 sampai 3 April 2012, berlangsung meriah. 

Peringatan Maulid Nabi ini dilaksanakan dengan cara "Badikia" dan "Salawat Dulang", kemudian sore harinya dilaksanakan "badoncek" untuk mengumpulkan dana pembangunan surau, dan saat itu terkumpul dana sebesar 14 juta lebih.

Maulid Nabi dihadiri oleh Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis. R, anggota DPRD Kota Pariaman Edison TRD, Kepala Dinas Pertanian Ir. Saiful Rizal,MM dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Drs. Sumiramis.

Masyarakat Desa Talago Sariak tampak antusias memperingati maulid, dengan cara berbondong-bondong datang ke Surau Lubuak membawa jamba dan beberapa batang lemang. Sesuai tradisi masyarakat Kota Pariaman, jamba tersebut dihidangkan dan dimakan secara bersama-sama, sehingga terlihat suasana kebersamaan dan kekompakan masyarakat.

Wako Mukhlis Rahman mengatakan, Pemko Pariaman tetap menjaga kelestarian budaya kehidupan beragama masyarakat, baik dalam menjalankan ibadah maupun memelihara budaya religius yang telah menjadi tradisi masyarakat secara turun menurun, seperti dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

“Memperingati kelahiran Nabi dalam rangka membesarkan Rasulullah sebagai suri tauladan bagi umat islam, serta bagaimana masyarakat Kota Pariaman mengambil hikmah dan melakukan introspeksi, apakah amalan yang sudah kita lakukan sesuai dengan suri tauladan Rasulullah SAW,” ujarnya.

Dilaporkan : doni





Berita lainnya :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau