sumbaronline
utama auto rental
headline
Kab. Agam

Kepala Sekolah Mestilah Miliki "EMASLIM"

Selasa, 13 Maret 2012 - 09:31:55 WIB


AGAM, SO--Sikap dan kepribadian seseorang merupakan modal utama dalam memimpin suatu lembaga. Kepribadian itu merupakan faktor utama dari Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

Hal itu disampaikan Ediosman selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga, pada sambutannya saat menghadiri pelantikan Pengawas Sekolah TK/SD dan Kepala SD Kecamatan Tilatang Kamang, di aula kantor camat, Senin (12/3).

Ediosman secara panjang lebar menguraikan tentang 7 tupoksi seorang kepala sekolah yaitu, edukatif, manajerial, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator, yang lebih dikenal dengan singkatan ”EMASLIM”.

Seorang kepala sekolah sebagai edukator wajib mengajar dalam kelas sesuai ketetapan jam wajib yang sudah ada, karena tugas utama guru adalah mengajar, sedangkan jabatan kepala sekolah hanya merupakan tugas tambahan. 

Kepala sekolah harus mampu memenej sekolah, menyelesaikan pengadministrasian secara tepat  dan benar, jangan menumpuk dan menunggu waktu untuk menyelesaikan administrasi, apalagi menyangkut pengadministrasian keuangan. 

Disamping itu kepala sekolah harus melaksanakan supervisi terhadap guru yang diikuti dengan pembinaan menuju perubahan yang lebih baik. Selain itu, kepala sekolah diharapkan dapat menemukan inovasi pendidikan. Sebagai pemimpin, kepala sekolah dituntut bisa memberikan motivasi kepada stafnya agar bisa lebih meningkatkan profesionalismenya, kata Ediosman.

Ediosman juga menyinggung tentang pengimplementasian pendidikan karakter, menurutnya untuk membangun pendidikan karakter ada 4 aspek yang harus sempurna. 

Keempat aspek itu diistilahkan Ediosman ’empat rumah’. Pertama rumah tangga, artinya pendidikan di rumahtangga harus mampu membentuk keturunan menjadi generasi yang punya kepribadian baik. Kedua rumah gadang, maksudnya bagaimana seorang mamak memfungsikan tugas dan kewajibannya dalam membimbing kemenakan. 

Ketiga rumah sekolah, tepatnya sebagai lembaga formal yang punya tanggungjawab mendidik siswa menjadi generasi yang berprilaku baik. Sedangkan yang keempat yaitu rumah Ibadah, bagaimana sebagai hamba Allah mampu mengimarahkan masjid/mushalla sebagai tempat beribadah, ungkapnya.

Terkait masalah kompetensi guru Ediosman menjelaskan, mutasi, rotasi, promosi, dan naik pangkat sangat erat kaitannya dengan kinerja. Untuk meningkatkan kompetensi guru, K3s atau KKG harus banyak melaksanakan pelatihan terhadap guru dengan memanfaatkan narasumber yang sudah memiliki pengetahuan lebih, bisa didatangkan dari UNP dan sebagainya.

Sebelumnya Camat Tilatang Kamang, Kurniawan Syah Putra yang langsung melantik pengawas dan kepala sekolah, melalui sambutannya mengatakan, pelantikan di Tilatang Kamang merupakan yang perdana di Agam setelah ada instruksi bupati bahwa pengawas dan kepala SD diberikan kewenangan kepada camat setempat untuk melantiknya.


”Kepada pejabat yang baru dilantik segera adakan konsolidasi dan koordinasi dengan majelis guru dan tenaga kependidikan tentang program sekolah, termasuk program sukses UN. Paradigma pendidikan untuk mencapai target lulus 100% harus ditingkat kepada upaya menaikan passinggred, artinya upaya meningkatkan nilai siswa untuk memudahkan mereka melanjutkan ke jenjang berikutnya. Dan kepada pengawas sekolah agar mengunjungi sekolah binaan untuk mendapatkan input tentang program sekolah, baik yang sudah terlaksana maupun yang belum,” kata Kurniawan mengakhiri.

Dilaporkan : wdp




Berita lainnya :


 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau