sumbaronline
utama auto rental
headline
Kab. Solok

IPPMI Merupakan Sejarah Baru Kabupaten Solok

Sabtu, 25 Februari 2012 - 13:23:42 WIB


KOTO BARU, SOLOK, SO--Dengan diilantik serta dikukuhkannya kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) Kabupaten Solok periode kepengurusan 2012-2017, merupakan sebuah sejarah baru di Kabupaten Solok.
 
Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Solok Drs. H. Desra Ediwan Anantanur, MM, dalam sambutannya pada saat pengukuhan pengurus DPD IPPMI Kabupaten Solok di Gedung Solok Nan Indah Koto Baru Kecamatan Kubuang, beberapa waktu lalu.
 
“Pada hari ini kita telah membuat sejarah baru dengan keberadaan DPD IPPMI di Kabupaten Solok, yang muncul kepermukaan dengan semangat baru, ditengah-tengah organisasi minang lainnya” kata Desra Ediwan.
 
Menurutnya, walaupun organisasi kepemudaan minang tergolong cukup banyak, namun boleh dibilang tidak mempunyai kekuatan mencengkeram. Untuk itu, ia mengharapkan agar IPPMI mampu membuat program dengan baik dalam rangka membumikan budaya minangkabau di kalangan generasi muda minangkabau.
 
Ia mensinyalir, saat ini nilai-nilai budaya dan adat pada generasi muda minangkabau sudah mulai terkikis dari keminangkabuannya, baik itu yang berada di kampung halaman, lebih-lebih lagi yang berada di perantauan. Nilai-nilai yang melekat pada masyarakat suku minangkabau sudah terdegradasi.
 
Tingginya nilai-nilai musyawarah di minangkabau yang diwariskan oleh para nenek moyang, harus diperbaiki dan direalisasikan kembali oleh para generasi muda minang dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu seiring dengan kerinduan para perantau minang akan budaya dan tradisi yang sangat kuat.
 
“Untuk itu, maka kebiasaan bekerjasama dengan cara bergotong royong di minangkabau harus kembali hidup dan diwujudkan oleh para generasi muda minang pada kehidupan sehari-hari, terutama sekali dalam hidup bernagari” harap Desra Ediwan.
 
Namun, yang paling penting menurut Desra Ediwan adalah, IPPMI tidak boleh menjadi tunggangan atau underbow salah satu partai politik. IPPMI harus tampil jadi dirinya sendiri dalam rangka menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai yang ada pada masyarakat minang.
 
Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD IPPMI Kabupaten Solok Harry Harpenanda, ST, mengatakan dirinya bersama-sama dengan pengurus lainnya akan berusaha semaksimal mungkin merealisasikan harapan yang disampaikan Wabup Desra Ediwan tersebut.
 
IPPMI di Kabupaten Solok menurut Harry, akan mencoba untuk tampil dalam berbagai program dalam rangka menghidupkan kembali nilai-nilai dan tradisi serta budaya minang yang sudah makin terkikis seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, dan kuatnya pengaruh budaya asing yang cendrung merusak generasi muda saat ini.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Solok Syafri Dt. Siri Marajo dalam sambutannya mengemukakan bahwa keberadaan IPPMI sangat didambakan dan diminati bagi yang berada di perantauan maupun yang di kampung halaman.
 
Selaku Ketua DPRD ia sangat berharap agar IPPMI mampu memperlihatkan kiprahnya ditengah-tengah masyarakat minang dalam rangka memperkuat “Adat basandi syara’, syara’ basandi Kitabullah” (ABS SBK). Untuk itu IPPMI bertanggung jawab dalam merealisasikan nilai-nilai adat di Kabupaten Solok khususnya. 

Dilaporkan : VMB




Berita lainnya :


 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau