sumbaronline
 
headline
Kota Pdg. PanjangPedagang Setujui Pembangunan Pasar Asal Pemko Punya Solusi
Selasa, 14 Februari 2012 - 15:21:05 WIB


PADANG PANJANG, SO--Pasar sebagai sentral perekonomian masyarakat juga sekaligus merupakan cermin sebuah kota, kesembrautan pasar adalah cermin dari kesembrautan pemerintahan kota tersebut, juga kesembrautan pasar melambangkan kesembrautan ekonomi masyarakat setempat. 

Untuk itu perlu kiranya pengkajian serius dan tegas dari pemerintah kota akan pembangunan pasar yang representatif sebagai wadah transaksi kebutuhan masyarakat banyak. Karena pasar Padang Panjang adalah miliknya masyarakat kota Padang Panjang.
 
Menyikapi hal tersebut, rapat segitiga antara pedagang pasar, pemko Padang Panjang dan investor yang dihelat beberapa waktu lalu dalam perumusan kesepakatan bersama di aula Balaikota berlangsung per 4 blok.

Tarik ulur tentang harga dan besaran kios dan los serta waktu pembangunan pasar induk yang akan dilaksanakan oleh pihak investor, mewarnai pertemuan tersebut. Ada yang menganjurkan agar pasar dibangun dengan APBD alias menolak investor, dikarenakan akan melonjaknya harga jual perkios nantinya.
 
Jhoni, salah seorang pedagang pasar dan juga pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Ikan Basah dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa para pedagang tetap menginginkan agar besaran kios dan los yang direncanakan oleh pihak investor agar dirobah. 

Karena, sebutnya, pedagang menganggap kios dan los tersebut terlalu kecil bagi pedagang. Dan harga hendaknya dapat terjangkau, apalagi kondisi sekarang akibat kebakaran beruntun. Dengan harga jual lapak 1,5 M x 1.5 berkisar Rp 6 juta sampai dengan kios 3x3,9 meter sekitar Rp78 juta. Selain itu pedagang juga memohon pada pemerintah agar mau mensubsidi harga tersebut atau mencarikan solusinya dalam hal ini DP-nya.

Menjawab pertanyaan sekaligus keinginan pedagang akan pembangunan dilakukan dengan dana APBD, Yudhi F.Kahayan menjelaskan sedetil mungkin, kalau intinya pasar tak dapat dibiayai dangan APBD dan akhir keterangan Kepala Dinas DPPKAD tersebut dapat diterima oleh para pedagang.

Dalam kesempatan yang sama Erimatha, pedagang, mengatakan, bahwa sebenarnya kehidupan pedagang saat ini sedang sulit ditambah pasca kebakaran beruntun. "Bagi kami siapapun yang kan membangun, ibarai kami ka balaki jaleh dikami sia anak daronya. Dan baa mahar nyo," ucapnya.

Membangun pasar ini, sebutnya lagi, kami setuju saja. Intinya kami pedagang pasar dan Pemko saling transparan dalam segala hal. Baik investor maupun tentang besaran kios dan harga. 

"ibaraik urang ka balaki, jaleh di kami sia ka calon bini dan baa maharnyo. Dan kalau masalah maharnyo bagi kami nan indak ado dana sesuai yang di anggarkan baa caronyo. Adakah pemko dapat mencarikan solusinya. Kalau ada ya kami pedagang setuju saja pembangunan ini dilaksanakan," ujarnya dalam kesempatan sosialisasi tersebut.

Di lain hal tambahnya, seharusnya pengambil kebijakan dalam hal ini Walikota maupun Wakil Walikota dapat menghadiri pertemuan ini setidaknya memberikan penawar bagi kami masyarakat pedagang kecil yang telah banyak menaroh kepercayaan pada beliau selama ini, pungkasnya pada www.sumbaronline.com.

Dilaporkan : paul


Berita terkait :
  • PKPU Sebar 700 Tabung Peduli di SMKN 1 Solok
  • Wako Fauzi Bahar Beri Pembekalan 87 Menwa se- Indonesia
  • Dasa Wisma Dahlia Sitiung Aktif dengan berbagai Kegiatan
  • PKPU dan SMAN 2 Pulau Punjung Sepakati MoU TP
  • Irman Gusman: Sumatera Barat Perlu Berlari Lebih Capat

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau