sumbaronline
headline
Kota PadangPelayanan Samsat Keliling akan Jangkau Kabupaten dan Kota
Jumat, 22 Oktober 2010 - 08:06:55 WIB


PADANG, SO--Kabar gembira bagi wajib pajak di Sumbar. Sebab dalam waktu dekat bakal dioperasikan bis Pelayanan Samsat Keliling (PSK) yang akan menjangkau semua wilayah kabupaten/kota di Sumbar.

Pasalnya, saat ini telah disiapkan sebanyak tiga unit bis yang sudah parkir di halaman kantor Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar di jalan Asahan No.2, komplek GOR Agussalim, Padang.

"Ya, sejak seminggu lalu bisnya sudah datang, karena peralatan yang ada di dalamnya telah dimodifikasi dan cukup canggih, sehingga mirip dengan kantor berjalan," ungkap Zul Evi Astar, Kepala DPKD Sumbar kepada sumbarONLINE.com, hari ini.

Disebutkan Evi, bahwa mulai bulan November nanti, kendaraan tersebut telah siap untuk melayani wajib pajak di kabupaten/kota di Sumbar. "Insya Allah akan diresmikan Gubernur Sumbar pada minggu kedua November, kami sedang menunggu konfirmasi jadwal," tutur Evi.

Nah, bila sudah resmi akan digunakan bergilir di kabupaten/kota yang ada. Tujuannya, untuk menjangkau lokasi-lokasi Wajib Pajak yang sulit dijangkau. "Kita akan minta jadwal ke seluruh Samsat di Sumbar, tergantung kebutuhan di daerah, baru kendaraan mobile," papar Evi.

Kendaraan sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa melayani wajib pajak di lokasi strategis. Jadi, tak perlu repot-repot datang ke kantor Samsat, cukup di kendaraan tersebut. 

Artinya, kalau dulu urusan bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terkesan sulit dan butuh waktu lama, kini menjadi gampang dan mudah serta tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit.

Yang perlu diingat, Pelayanan Samsat Keliling ini adalah layanan pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), Pembayaran PKB dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Sebagai persyaratan, jangan lupa membawa KTP, BPKB dan STNK yang semuanya harus asli. Hanya saja, layanan Samsat Keliling tidak bisa untuk melayani kendaraan yang diblokir.

Disampaikan Zul Evi Astar, bahwa Samsat Keliling ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan DPKD Sumbar untuk lebih dekat dengan masyarakat selaku Wajib Pajak, sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk melaksanakan kewajibannya membayar PKB.

"Mobilitas Samsat Keliling ini sangat menunjang peran pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah. Diharapkan dengan proses pelayanan perijinan dengan standar yang cepat seperti ini dapat terus ditingkatkan. Apalagi jika sistem Samsat On-line sudah 100% berjalan, semua urusan akan menjadi cepat dan lancar," sebut Evi. 

Samsat Keliling dan Samsat Online merupakan bentuk implementasi program DPKD Sumbar, sehingga Pemprov Sumbar tak perlu khawatir pendapatan daerah akan berkurang.

"Justru dengan pelayanan yang semakin prima, masyarakat semakin antusias untuk membayar pajak dan STNK secara resmi. Apalagi jumlah kendaraan dari tahun ke tahun terus bertambah," tambah Evi sambil menyebutkan dengan adanya Samsat Keliling, layanan bisa menjangkau wilayah terpencil.

Selain itu, dengan adanya Samsat Keliling ini dimaksudkan untuk mengurangi atau menghapus praktek percaloan, mempermudah masyarakat mengurus STNK, memperbaiki administrasi dan menampilkan profil pemerintah yang transparan.

Untuk diketahui, layanan ini baru berlaku bagi kendaraan pribadi dengan pelat nomor Sumbar (BA), khusus untuk proses perpanjangan per tahun. "Kalau yang lima tahunan, tetap harus datang ke kantor Samsat, sebab kan harus ada pengecekan nomor rangka dan mesin kendaraan," terang Evi.

Diharapkan dengan proses yang cepat, tidak bertele-tele, akan membuat masyarakat antusias dengan keberadaan layanan baru ini dibanding harus mendatangi kantor Samsat. Noverry




Berita terkait :
  • Konsep "Lamak Diawak Katuju Diurang" Sudah Diterapkan di Australia
  • Berdamai, ULP Gempa 2009 Tidak Ada Masalah Lagi
  • Serahterima Kepsta RRI Bukittinggi dari Hendri Yunis ke Efendi Afati
  • PMI Agam Segera Bangun 1700 Rumah Tumbuh
  • Wagub Kunjungi Korban Kabakaran Pasar Jorong Kamang

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau