sumbaronline
utama auto rental
headline
Kota Pdg. Panjang

Kota Padang Panjang jadi Referensi Kota Sehat Nasional

Sabtu, 26 November 2011 - 15:59:19 WIB


PADANG PANJANG, SO--Kebijakan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang H. Suir Syam dan H. Edwin tentang program kesehatan di kota Serambi Mekkah ini, akhirnya menjadi topik pembicaraan hangat di tingkat Nasional dan Internasional.

Hal itu terbukti pada 19 sampai 21 Oktober 2011 tahun ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Endang Rahayu Setyaningsih telah memamerkan profil Kota Padang Panjang dalam pertemuan Menteri-Menteri kesehatan sedunia di Rio De Janeiro, Brazil. 

Profil Kota Padang Panjang yang telah dipamerkan itu, khususnya tentang dunia kesehatan, terutama keberhasilan pemerintah daerah dalam menetapkan Perda No 8 Tahun 2009, tentang Kawasan Tertib Rokok yang
didukung dengan Pewarko No.10 Tahun 2009. 

Komitmen Wako dan Wawako Padang Panjang terhadap kesehatan masyarakat kota yang berhawa sejuk itu dibuktikan dengan memberikan reward kepada masyarakat yang telah berhenti mengisap rokok.

Kini lagi lagi kota berjulukan 'Serambi Mekkah' dengan hanya berpenduduk 54 juta jiwa dan dikelola oleh dua kecamatan dan 16 kelurahan yang letak
geografisnya dipersimpangan arah tujuan, kembali menuai sukses dalam bidang kesehatan. 

Untuk ketiga kalinya Walikota Padang Panjang dr. Syuir Syam M. Kes, MMR diundang oleh kementerian Kesehatan untuk menerima penghargaan Swasti Saba (Kota Sehat). Tangan dingin Walikota dan Wawako Padang Panjang kembali mempersembahkan yang terbaik bagi kota Padang Panjang.

Nah, tahun ini pula, pasanga Suir Syam dan Edwin membawa keberhasilan Padang Panjang, dan mudah-mudahan penilaian-penilaian lainnya juga dapat diraih dikemudian hari.
 
Keberhasilan ini tak lepas dari komitmen Pemko Padang Panjang menjadikan kota Serambi Mekkah yang berpenduduk 54 ribu jiwa itu sebagai referensi Nasional dan Internasional. Tak heran prestasi kota Padang Panjang dibidang kesehatan dijadikan sample oleh Menteri Kesehatan saat konferensi PBB dan presentasi di Brazil.
 
"Menu unggulan penduduk yang dijadikan percontohan itu antara lain, Jamianan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kota Padang Panjang (JPKMPP) yang sudah di-Perda-kan. Selain itu juga Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun, Pertanian Organik, Kawasan Tertib Rokok dan Tanpa Asap Rokok Peristiwa serta Transportasi," ujar syuir Syam kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Untuk meraih peringkat Kota Sehat (Swasti Saba) tidak terlepas dari peran aktif dan kesadaran masyarakat Padang Panjang sendiri. Tak hanya sehat masyarakat secara fisik dan rohani, tapi sehat secara menyeluruh. 

"Untuk mencapai itu, interaksi sosial yang sehat harus terjalin, ekonomi masyarakat sehat, pendidikan sehat, dan lain sebagainya. Keluarga selaku lingkungan masyarakat terkecil harus dapat memahami bahwa kesehatan itu tidak saja terbebas dari penyakit, namun juga dilihat dari kesejahteraan
keluarga itu sendiri," ujar Suir Syam. 

Untuk mewujudkan visi "Terwujudnya masyarakat Padang Panjang sebagai warga Kota Serambi Mekkah dengan pertumbuhan pendidikan, Ekonomi dan kesehatan, serta Pemerintahan bersih yang bernuansa Islami untuk kesejahteraan masyarakat", ditetapkan empat Misi. Salah satu misinya adalah dengan mewujudkan Kota Sehat," ujar Suir Syam. 

Dalam upaya pencapaian misi mewujudkan kota sahat, Pemko kota Padang Panjang telah melengkapi sarana dan prasarana penunjang. Diantaranya, sarana berobat gratis untuk semua masyarakat Padang Panjang yang didukung dengan keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang bertaraf nasional. 

Selain itu, kini tengah digalakan upaya menciptakan lingkungan sehat dengan melibatkan semua instansi. Semua aparatur daerah diminta gencar mensosialisasikan pola hidup sehat. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Panjang juga turun langsung ke kelurahan mengajak masyarakat untuk hidup sehat. 

Program ini digilir setiap Rukun Tetangga (RT), bahkan petugas DKK juga sudah melakukan penyehatan warga dalam program Penanggulangan Penyakit Menular (PPM).

"Selain itu, melalui pemberdayaan masyarakat dan perempuan, instansi terkait melalui program masing-masing menyuarakan, membimbing masyarakat kearah pola hidup sehat," jelasnya. 

Begitu juga kegiatan masyarakat lainnya yang tumbuh bahu membahu dalam mendukung program pembangunan kota Padang Panjang kedepan, pungkas Wako, Suir Syam. 

Dilaporkan : Paul





Berita lainnya :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau