sumbaronline
 
headline
Kota PadangBapedalda Padang Lakukan Sampling Udara Ambien
Kamis, 24 November 2011 - 14:53:00 WIB


PADANG, SO--Udara merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan makhluk hidup, di bumi ini tidak akan ada kehidupan tanpa udara. Beberapa komponen yang terdapat di udara terutama Oksigen sangat diperlukan dalam proses pernafasan makhluk hidup. 

Pencemaran udara dapat didefinisikan sebagai masuknya zat pencemar, energy dan atau komponen lain ke dalam udara ambient oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu udara ambient yang telah ditetapkan. 

"Mengingat pentingnya fungsi udara bagi kehidupan, maka perlu dilakukan upaya untuk menjaga kualitas udara dari zat-zat polutan yang dapat memacu terjadinya peningkatan polusi udara," ucap Kepala Bappedalda Kota Padang, Dr Indang Dewata pada www.sumbaronline.com melalui jejaring sosial, Kamis (24/11). 

Menurut Indang, peningkatan pencemaran udara seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi. Peningkatan kegiatan perindustrian serta aktifitas perkotaan lainnya yang menggunakan bahan bakar serta perubahan gaya hidup masyarakat kota yang cenderung menggunakan kendaraan dalam melakukan aktifitas sehari-hari juga ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan pencemaran udara. 

Sumber pencemaran udara berasal dari emisi industri, kendaraan bermotor, kegiatan domestic maupun kebakaran hutan yang telah berkontribusi besar pada penurunan kualitas udara, ujarnya.

Untuk mengetahui kualitas udara dapat dilakukan pengujian kualitas udara ambien dan pengujian emisi, pengujian emisi dilakukan pada sumber pencemar baik untuk sumber bergerak (kendaraan bermotor)yang dilakukan pada knalpot kendaraan, sedangkan sumber tidak bergerak (industri) dilakukan pada cerobong. 

Sumber pencemar udara terdiri atas Sumber bergerak dan sumber tidak bergerak. Zat pencemar dari sumber bergerak berasal dari transportasi (emisi kendaraan bermotor), sedangkan zat pencemar dari sumber tidak bergerak berasal dari kegiatan industri. Dari sektor transportasi zat pencemar yang dikeluarkan antara lain CO, HC, NOx, SOx dan partikel debu. 

"Sedangkan dari industri zat pencemarnya adalah NOx, SOx, Partikel, CO, HCl, dan Pb. Untuk mengetahui apakah zat-zat pencemar ini sudah melewati baku mutu atau tidaknya dilakukan kegiatan pengujian emisi dari sumber pencemar tersebut," jelasnya.

Untuk pengijian emisi dari sumber bergerak, Bapedalda Kota Padang sudah melakukan kegiatan pengujian emisi kendaraan bermotor secara rutin setiap tahun dengan bekerjasama dalam pemakaian alat pengujian dengan bengkel-bengkel besar yang ada di Kota Padang antara lain Auto 2000, PT Suka Fajar, Honda Gajah Motor dan Nissan. 

Untuk pengujian kualitas udara ambien selama ini dilakukan oleh pihak industri sehubungan dengan kewajiban pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang harus dilakukan dan dilaporkan setiap 6 bulan sekali ke Bapedalda Kota Padang. 

Saat ini untuk terlaksananya pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup. Bapedalda Kota Padang secara bertahap sejak tahun 2008 terus melengkapi peralatan laboratorium, mulai dari alat-alat pengujian kualitas air dan tahun ini juga alat pengujian kulaitas udara ambien. 

Dalam rangka  pemantauan pemantauan kualitas udara sekaligus promosi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium, Bapedalda Kota Padang yang terdiri atas UPTD, ucapnya. 

Laboratorium Bapedalda Kota Padang dan Bidang Pengawasan Dampak Lingkungan melakukan pengambilan sampel udara ambien di kawasan PT. Semen Padang Laboratorium Bapedalda dengan menggunakan peralatan pemantauan kualitas udara hasil pengadaan DAKLH 2011 (HVAS, midget impinger dan weather station). 

"Parameter yang akan dilakukan pengujian antara lain SO2, NO2, O3, NH3, H2S, PM10 dan parameter cuaca. Baku mutu yang digunakan mengacu Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun Tahun 1999 tentang pengendalian Pencemaran Udara," pungkas Indang Dewata.

Dilaporkan : bima


Berita terkait :
  • Perlu Mendirikan BUMNA di Kabupaten Solok
  • Awal 2012, Impian Pegawai Honor Berakhir
  • Geliat Pembangunan Perumahan Idaman, Pinang Baririk
  • 28 Guru jadi Pengawas Pra UN di SMAN 1 Tilatang Kamang
  • 250 Siswa SMA - SMK se- Agam Ikuti Kesadaran Hukum

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau