sumbaronline
utama auto rental
headline
Kab. Pasaman Barat

Curah Hujan Tinggi, Sungai Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Sabtu, 05 November 2011 - 22:08:17 WIB


PASAMAN BARAT, SO--Tingginya curah hujan sejak sepekan terakhir, telah melanda berbagai wilayah di Sumatra Barat. Selain kabupaten Pesisir Selatan, Agam, juga kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengalami musibah pula.  Akibat curah hujan tinggi, beberapa kecamatan di Pasbar mengalami banjir dan longsor.

Informasi yang dihimpun www.sumbaronline.com, sejak Kamis (3/11) kemarin, Kabupaten Pasaman Barat turut pula mengalami banjir dan longsor, seperti Kecamatan Kinali.

Di kecamatan Kinali ini, puluhan rumah warga kampung Pangkalan Bayur Kabung, Jorong IV Koto terendam banjir. Hal ini disebabkan selain curah hujan yang terus menerus mengguyur tanpa hentinya, tiga Batang Sungai yang ada di kecamatan Kinali meluap dan melanda daerah pemukiman warga setempat.

Luapan air mulai naik sejak Rabu malam, dan air menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa, namun tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian harta benda diperkirakan mencapai ratusan juta, ujar Kepala Jorong Wonosari, Ngatmin ketika dikonfirmasi www.sumbaronline.com sore ini.

"Banjir yang melanda daerah ini akibat tingginya curah hujan yang tak kunjung henti, sehingga tiga buah sungai yang ada di daerah itu meluap karena sudah tak sanggup menampung debit air," ucapnya. 

Dua batang sungai yang ada menyatu dengan sungai yang ada dekat perkampungan warga, yakni sungai Batang Tambau. Akibat aliran air yang begitu deras Batang Tambau tak sanggup menahan arus air sungai tersebut, sehingga meluap ke pemukiman warga.
 
Sementara itu di Jorong Pondok dan Jorong Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasbar, 450 rumah warga juga terendam banjir. Dimana untuk Jorong Maligi terdapat tiga Dusun perkampungan warga yang direndam banjir, yakni Dusun Padang Jaya, Suka Jadi, dan Pantai Indah.

Kepala Jorong Maligi Andustri kepada www.sumbaronline.com, Jumat (4/11) menyebutkan, bahwa di Jorong Maligi sedikitnya 150 rumah terendam banjir, dan air mencapai lutut orang dewasa.

Dampak banjir itu, warga setempat tidak bisa lagi melakukan aktifitas, karena jalan sudah dipenuhi dengan genangan air. Sementara itu pasokan makanan tidak bisa dibawa ke pemukiman warga, karena mobil dan kendaraan roda dua pun tidak bisa lagi masuk ke perkampungan warga karena ketinggian air mencapai satu meter, sebut Andustri.

Sementara Pj Wali Nagari Sasak, Roni Hendri Eka Putra ketika dikonfirmasi www.sumbaronline.com menyebutkan, untuk di Jorong Pondok rumah warga yang terendam banjir sekitar 300 unit, dimana air menggenangi rumah warga sejak Jumat pagi.

Bahkan sebagian warga sudah mengungsi ke tempat lain dan ke rumah saudaranya yang tidak terkena banjir, ujarnya. "Akibat banyaknya pemukiman rumah warga yang terendam banjir, pihaknya telah melaporkan ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan mereka siap untuk membantu dan turun ke lapangan," imbuhnya.

Sementara itu di Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasbar, ratusan hektar lahan pertanian dan perkebunan masyarakat rusak parah, dikarenakan meluapnya sungai Batang Saman Aia Gadang.

Meluapnya sungai Batang Saman tersebut karena tidak bisa lagi menampung curahan hujan yang berkepanjangan. Bahkan luapan air juga sudah merembet ke perumahan warga.

Tak hanya itu di Talu kecamatan Talamau Kabupaten Pasbar, beberapa bagian perbukitan juga mengalami longsor serta badan jalan amblas akibat tingginya curah hujan yang berkepanjangan.

Kapolsek Talamau, Iptu Muzhendra mengingatkan para pengendara motor maupun roda empat, untuk berhati-hati melintasi jalur disepanjang perbukitan Talu, dimana jalur tersebut rawan longsor, apalagi sekarang ini curah hujan cukup tinggi. 

Belum diperoleh data akurat berapa kerugian yang diderita warga akibat terendamnya rumah mereka.

Dilaporkan : Gatot




Berita lainnya :


 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau