sumbaronline
utama auto rental
headline
Kab. Dharmasraya

Warga Pulau Mainan Dapat Bantuan "Bedah Rumah"

Jumat, 26 Agustus 2011 - 09:43:35 WIB


DHARMASRAYA, SO--Mara (60), salah seorang warga nagari Pulau Mainan mendapat bantuan untuk bedah rumah, program yang dicanangkan pemda Dharmasraya untuk warga miskin ini berlangsung disetiap kenagarian yang ada di Dharmasraya dan menyentuh ke setiap pelosok nagari berdasarkan pengajuan masing-masing wali nagari, dan sebanyak Rp10 juta dana bantuan dari pemerintah dikucurkan pada bulan September mendatang.

Sebagaimana disampaikan Walinagari Pulau Mainan, Sabirudin kepada www.sumbaronline.com tadi siang, di kediamannya, bagi Walinagari yang peka terhadap nasib warganya telah mengajukan nama-nama warga mereka yang layak untuk diperbantukan dalam program bedah rumah tersebut,.

"Alhamdulillah di kenagarian kami untuk kali ini mendapat bantuan bedah rumah untuk satu KK yaitu keluarga Jinan (65) di jorong Limau Sundai," jelas Sabirudin.

Lebih lanjut wali nagari Pulau Mainan menjelaskan, pada kunjungan tim penyeleksi bedah rumah beberapa waktu lalu diterangkan, bahwa nama-nama warga yang diajukan dalam program bedah rumah tersebut akan dilakukan peninjauan oleh tim, berdasarkan itu nagari Pulau Mainan Jinan, salah seorang warga kenagarian Pulau Mainan mendapatkan bantuan dalam program tersebut.

Adapun warga yang berhak mendapat bantuan tersebut, wali nagari Pulau Mainan menjelaskan, ada beberapa kriteria yang dinilai tim penilai, mulai dari melihat kondisi rumah itu sendiri hingga penghasilan perbulan dari keluarga tersebut.

Seperti yang diterangkan tim penilai waktu itu, kondisi ekonomi dari warga kita yang lolos dari daftar tersebut di tinjau langsung ke lokasi, berikutnya di nilai pekerjaan sehari-harinya, berapa penghasilan perbulannya, kemudian apakah rumah tersebut layak atau tidak untuk dihuni, untuk Jinan sendiri disamping keadaan rumahnya yang memang tidak layak huni kita juga tahu sehari-harinya dia menerima upah menderes di kebun karet milik warga, hidup bersama istrinya Mara. 

"Kendatipun mereka punya anak namun itu juga tidak jaminan kalau mereka bisa hidup sejahtera, apalagi anak-anak mereka sudah punya tanggungan keluarga sendiri," pungkas Sabirudin.

Dari penelusuran www.sumbaronline.com dilapangan terlihat, rumah yang telah dijadikan tempat hunian oleh Jinan bersama istrinya selama puluhan tahun terbuat dari kayu, dan keempat pondasi rumah tersebut juga sudah oleng seakan hendak roboh.

Jinan yang sempat di wawancarai oleh www.sumbaronline.com mengaku, dalam kesehariannya bekerja sebagai penderes karet di salah satu perkebunan milik warga.

"Upah tidaklah seberapa pak, cukup untuk kami membeli beras dan bahan masakan seadanya, bapak bisa lihat sendiri dapur kami di dalam rumah ini juga tidak ada batas antara ruangan tidur dengan dapur, kalau tamu datang mereka bisa melihat sendiri periuk dan belanga tempat istri saya memasak, mudah sekali melihat apakah hari ini ada nasi atau tidak, ada yang bisa kami makan atau tidak, sekiranya benar keluarga saya mendapat bantuan bedah rumah saya bersyukur sekali, kehidupan kami yang makin renta ini masih ada yang sudi memperhatikan, meskipun keadaan seperti ini kami tidak pernah mengeluh kepada anak-anak kami yang juga sudah punya keluarga, toh kehidupan mereka sendiri juga sulit," jelas Jinan kepada www.sumbaronline.com, suka cita.

Dilaporkan: ZA





Berita lainnya :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau