sumbaronline
headline
PendidikanGamawan Fauzi Siap Gadaikan Tanah
Rabu, 03 Agustus 2011 - 21:41:19 WIB


KOTO BARU, SOLOK, SO--Pendiri Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Solok Nan Indah (YP3SNI) Dr. H. Gamawan Fauzi siap menggadaikan sertifikat tanahnya pada Bank Nagari untuk bisa mendapatkan pinjaman guna membangun kampus baru Sekolah Tinggi Agama Islam Solok Nan Indah (STAI SNI), dalam rangka mempercepat realisasi pembangunan kampus tersebut di lokasi baru yang telah disiapkan itu.
 
Komitmen untuk pengembangan pendidikan di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Solok tersebut disampaikan Gamawan Fauzi pada saat wisuda ke-XI Tahun Ajaran 2011-2012 STAI SNI yang bertempat di Sport Hall GOR Batu Batupang Koto Baru Kecamatan Kubung, Sabtu (30/7) dihadapan ribuan pasang mata, para wisudawan/ti dan undangan yang hadir pada acara itu.
 
Kata Gamawan, sampai ia mengakhiri jabatan sebagai Menteri Dalam Negeri, akan terus berupaya untuk menyisihkan atau mengumpulkan uang untuk melanjutkan pembangunan kampus baru STAI SNI yang akan berdiri pada tanah seluas 8 hektar yang terletak di Jorong Subarang Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, dengan mengumpulkannya dari donatur-donatur yang peduli akan pendidikan.
 
Kepedulian seorang Gamawan Fauzi dalam bidang pendidikan bukan hanya  dengan mendirikan STAI, tapi ia juga merupakan salah seorang donatur pada Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). "Saya juga merupakan salah seorang Dewan Penyantun di IIP," kata Gamawan.
 
Jika dirunut ke belakang, STAI SNI yang didirikannya sejak tahun 1997 (ketika masih menjabat sebagai Bupati Solok) itu telah ditunjukkan oleh Gamawan, salah satunya adalah dengan tidak mau menerima sepeserpun honor yang diberikan pihak STAI SNI kepadanya. 

"Saya tidak berharap hidup dari STAI, buktinya sampai sekarang tidak satu sen pun honor yang saya ambil, walaupun itu merupakan hak saya. Namun saya akan selalu berusaha untuk terus mengembangkan dan membesarkan STAI," tegas Gamawan.
 
Gamawan sangat berharap agar STAI tetap eksis, dan nantinya mampu menjadi Perguruan Tinggi Islam terbesar di Sumatera Barat. Saat ini jumlah mahasiswa yang kuliah di STAI mencapai 3.500 orang. Secara kualitatif, sudah banyak tamatan STAI yang bekerja pada berbagai sektor.
 
"Globalisasi menuntut kualitas sumberda daya manusia yang tinggi, untuk itu diharapkan kepada mahasiswa STAI untuk tidak boleh merasa kurang dari orang lain. SDM yang berkualitas ditunjukkan dengan kemampuan untuk membuat sesuatu. Maksudnya adalah, meskipun kita tinggal di Solok, bukanlah halangan untuk berprestasi, walau harus bersaing dengan seribu Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia," harap Gamawan.
 
Untuk itu, kepada para tamatan, jangan pernah berhenti belajar, dan inti dari belajar adalah dengan rajin membaca. Inilah yang disebut dengan long live education atau pendidikan tanpa batas. Karena usaha yang dilakukan harus sama besarnya dengan cita-cita yang dimiliki, tambah Gamawan.
 
Gamawan Fauzi sangat berharap, kedepan Solok tidak hanya sebagai daerah yang memproduksi beras, tetapi juga daerah yang mampu memproduksi sumber daya manusia (otak) yang berkualitas. Maka pada kampus baru yang akan mulai dibangun setelah bulan ramadhan tersebut, nantinya juga akan dibangun fasilitas penunjang untuk peningkatan SDM mahasiswa dengan mendirikan perpustakaan dan sarana olahraga bagi mahasiswa STAI. Semoga !!! 

Dilaporkan: VMB


Berita terkait :
  • Wisuda ke-XI STAI SNI Dihadiri Gamawan Fauzi
  • Besok, Tim Ramadhan Bupati di Masjid Darul Hasanah
  • Besok, Tim Ramadhan Pemko Padang Kunjungi 116 Masjid
  • Investor Belanda dan Belgia Mau Investasi di Padang
  • Hari Ini, Bupati Agam BUBAR dengan Perwanag

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau