sumbaronline
headline
Kab. SolokKantor Ketahanan Pangan Bina Keltan Wanita
Selasa, 28 Juni 2011 - 07:34:47 WIB


KOTOBARU, SOLOK, SO--Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Solok melakukan pembinaan terhadap Kelompok Tani Wanita yang mendapatkan program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) pada Tahun 2011. 

Pembinaan bagi Keltan Wanita yang dilaksanakan di Nagari Gantuang Ciri adalah yang ke empat dari 15 kelompok yang mendapatkan bantuan melalui program tersebut pada tahun 2011.
 
Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Syarkawi, MM mengharapkan, melalui program P2KP, Keltan Wanita dapat mengembangkan lahan pekarangan mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki. 

Sehingga tingkat ketersediaan pangan bagi rumah tangga dapat tersedia dan pada gilirannya program P2KP di masing-masing kelompok dapat segera terwujud. Kedepan diharapkan para anggota keluarga tidak lagi tergantung pada bahan pangan yang bersumber dari beras saja.
 
Pembinaan yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Wali Nagari Gantung Ciri tersebut diikuti oleh 2 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 51 orang. Kepala kantor Ketahanan Pangan, yang langsung melakukan pembinaan menjelaskan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan oleh kelompok bisa berupa penanaman umbi-umbian, penanaman sayur-sayuran, peternakan, perikanan, ataupun dengan menanam tanaman obat-obatan lainnya.
 
Pada kesempatan itu Syarkawi menjelaskan bahwa bantuan yang diterima oleh setiap kelompok melalui program P2KP tersebut adalah dalam bentuk dana pemberdayaan sebesar Rp. 23,5 juta per kelompok, melalui dana tugas pembantuan (APBN). Dan untuk tahun 2011 ini, melalui dana APBN tersebut baru untuk membantu 10 kelompok. Sedangkan 5 kelompok lagi dibantu dari dana pendampingan APBD tahun 2011.
 
"Untuk pemanfaatan pekarangan sebanyak Rp. 14 juta, untuk Sekolah Lapangan (SL) sebanyak Rp. 1 juta, untuk pengadaan alat penepungan senilai Rp. 6,5 juta, untuk demplot sebanyak Rp. 1 juta, dan untuk praktek sebanyak Rp. 1 juta," kata Syarkawi kepada www.sumbaronline.com merinci penggunaan bantuan untuk kelompok tani wanita yang berjumlah Rp. 23,5 juta tersebut di kantonrya, Koto Baru, Senin (27/6).
 
Syarkawi menjelaskan, rincian tersebut sesuai dengan kegiatan utama program P2KP yaitu: (1) Pemberdayaan kelompok wanita dalam penganekaragaman konsumsi pangan, (2) Optimalisasi pemanfaatan pekarangan, (3) Sosialisasi bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (4) Pengolahan usaha pengembangan pangan lokal berbasis tepung-tepungan, serta kegiatan penunjang kerjasama dengan Perguruan Tinggi.
 
"Salah satu sasaran dari kegiatan P2KP adalah mendorong peningkatan pola konsumsi pangan yang semakin beragam, bergizi, berimbang, dan aman, serta menurunnya konsumsi beras di tingkat nasional sebesar sekitar 1,5% per tahun. Kegiatan penganekaragaman konsumsi pangan, selain ditujukan untuk meningkatkan skor PPH dan menurunkan konsumsi beras, juga dapat berperan positif dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja sesuai potensi daerah," tutur Syarkawi. 

Dilaporkan: VMB



Berita terkait :
  • Polres Dharmasraya Gelar Sepeda Santai Bertabur Hadiah
  • RPL di Medan jadi objek "Sapi Perahan" Onkum RPH Medan
  • Tanpa Basa basi, Paramec Hajar Cimparuah FC 8-4
  • Menkominfo RI Hadiri Satu Abad Thawalib Padang Panjang
  • Izin tak Ada Jembatan Tetap Dibangun, Wako Geram

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau