sumbaronline
headline
Kab. SolokArsip Punya Fungsi Penting Dalam Organisasi
Sabtu, 21 Mei 2011 - 20:49:49 WIB


KOTO BARU, SOLOK, SO--Arsip mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sebuah organisasi, baik itu organisasi pemerintahan maupun swasta. Fungsi tersebut diantaranya untuk memberikan sejumlah informasi penting dalam melanjutkan dan mengembangkan lebih jauh atau memperbaiki aktifitas bisnis baik organisasi Pemerintahan maupun Swasta.
 
Disamping itu arsip juga mempunyai fungsi pembuktian, untuk melindungi organisasi dalam kasus-kasus hukum atau tantangan lainnya, sehingga organisasi mampu menghasilkan bukti untuk menunjukkan telah bertindak benar dalam suatu masalah dan melakukan kewajibannya. 

Fungsi akuntabilitas, yaitu untuk memenuhi persyaratan akuntabilitas yang dinyatakan oleh lingkungan peraturan dimana organisasi harus beroperasi. Untuk itu, jadikan kegiatan sosialisasi kearsipan ini sebagai modal utama untuk pembenahan dan pengembangan kearsipan pada unit kerja masing-masing.
 
"Sebagai penanggungjawab kearsipan pada masing-masing instansi/unit kerja saudara harus mampu merencanakan dan memberikan masukan pada pimpinan agar dapat memberikan perhatian yang serius terhadap kearsipan," kata Asisten Administrasi Umum, Ir. Iryani, MM pada acara Sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan Tentang Penyelenggaraan Kearsipan Bagi Para Petugas Pengelola Arsip di Lingkungan Unit Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, beberapa hari lalu.
 
Acara yang bertempat di Gedung Pertemuan Solok Nan Indah, Koto Baru itu, dihadiri oleh para Petugas Arsip dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta Petugas Arsip Kecamatan se-Kabupaten Solok. Acara sehari penuh yang dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum ini, menghadirkan Nara Sumber dari Badan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Kantor Arsip Kota Solok serta Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Solok.
 
Kepada www.sumbaronline.com Dra. Gusti, Kepala Kantor Arsip Dokumentasi dan Perpustakaan Kabupaten Solok menjelaskan, "Acara ini buat pertama kalinya dilakukan oleh Kantor Arsip Dokumentasi dan Perpustakaan Kabupaten Solok, sejak keluarnya Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 7 Tahun 2010 tentang Pembentukan Lembaga Arsip Daerah. Diharapkan secara bertahap dapat mendorong kita untuk membenahi dan menata kembali arsip yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok."
 
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Asrul Tanjung, S.Ag, mengemukakan, bahwa rendahnya apresiasi dan atensi Pimpinan SKPD terhadap arsip didasarkan oleh adanya anggapan yang menyepelekan fungsi arsip itu sendiri. Selain itu masih ada yang menganggap arsip sebagai tumpukan kertas-kertas yang tidak berguna. Anggapan seperti ini harus dihilangkan agar citra arsip dapat terangkat dan mendapat perlakuan yang wajar.
 
Asrul menambahkan, eksistensi kearsipan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan Pemerintah dan pembangunan harus benar-benar tercermin dalam kegiatan masing-masing pejabat, baik dari level paling bawah sampai top manejer. Ini adalah kata kunci bila arsip ingin memposisikan diri dan mengangkat citranya dalam proses manajemen, karena fungsi arsip dalam sebuah organisasi amatlah penting dan punya peran yang sangat signifikan.
 
"Oleh karena itu sangat tepat sekali kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan, sehingga apresiasi dan atensi pimpinan unit kerja dan penanggung jawab kearsipan masing-masing unit kerja diharapkan lebih meningkat dan kinerja kearsipan lebih terarah dan mencapai hasil yang optimal, sebab sebagai pembuat kebijaksanaan Pimpinan Unit Kerja dituntut untuk dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi atau data yang tepat dan akurat. Hasil ini tentunya tidak terlepas dari penataan dan pengelolaan arsip yang baik dan teratur," kata Asrul ketika dikonfirmasi www.sumbaronline.com, hari ini. 

Dilaporkan: vmb



Berita terkait :
  • Wako Fauzi Bahar Respon Positif Pergantian Sekwan
  • "Gulai Kapalo Lauk" Tiku Pecahkan Rekor MURI
  • Kemah Kebangsaan Bentuk Karakter dan Kepribadian
  • Lagi, Diduga Bom di Kotak Tissue di Kelapa Gading III
  • Hugo Gilang Oceano Lolos Seleksi Milan Junior Camp 2011

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau