sumbaronline
headline
Kota Padang1500 Warga Padang Terima Hibah Air Minum dari Australia
Rabu, 11 Mei 2011 - 23:37:13 WIB


PADANG, SO--Sebanyak 1.500 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di tiga kecamatan di Kota Padang bakal mendapatkan sambungan air minum murah dari Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Padang atas bantuan hibah dari Pemerintah Australia.

"Ketiga kecamatan tersebut, Kecamatan Koto Tangah, Nanggalo dan Kuranji," papar Direktur Utama PDAM Kota Padang, Ir.H. Azhar Latif ketika peresmian dan penyerahan program hibah air minum bantuan Pemerintah Australia, di halaman kantor Camat Nanggalo lama, Rabu (11/5).

Hadir di kesempatan itu Wakil Walikota Padang, H.Mahyeldi Ansharullah, 
Senior Program Offisial Senior Water and Sanitation Pemerintah Australia, 
Efrulwan, Camat di tiga kecamatan yang dibantu, segenap tokoh dan pemuka masyarakat, wartawan dan aktivis LSM.

Saat ini, ungkap Azhar, telah terpasang sambungan baru untuk sekitar 1.300 MBR, yang telah dimulai sejak awal tahun 2011. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat minimal satu bulan lagi, sambungan air minum tahap pertama untuk 1.500 MBR yang ditargerkan bakal tuntas," katanya.

Sambungan air bersih ini, lanjut Azhar, merupakan program hibah air minum dan sanitasi yang didanai Pemerintah Australia melalui AusAID dan diimplementasikan oleh Prakarsa Infrastruktur Indonesia (IndII) yang bertujuan membantu meringankan biaya keluarga MBR untuk mendapatkan akses air minum dengan total biaya Rp3,5 miliar. Untuk persiapan dan pelaksanaan program ini, Bappenas bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementrian Keuangan membuat kebijakan terkait. 

Adapun biaya pemasangan sambungan baru untuk MBR, hanya Rp100 ribu, jauh lebih murah dibanding harga normal yang besarnya mencapai Rp750 ribu hingga 1 juta. 

Dengan membayar biaya tersebut, maka keluarga MBR akan mendapatkan manfaat air minum dari PDAM. Sedangkan biaya pemakaian air pun sangat terjangkau dengan rata-rata Rp30.000 perbulan.

Efrulwan mengatakan program ini merupakan bentuk pedulinya Pemerintah Australia dalam memberikan hibah kepada pemerintah daerah yang sepakat untuk berinvestasi dalam PDAM untuk memperluas layanan ke MBR. 

Dana hibah ini akan dibayarkan secara progresif apabila sambungan baru yang sudah terpasang sudah diverifikasi dan berfungsi dengan baik. AusAID menyediakan dana sebesar AU$ 20 juta untuk program dalam periode 2010-2011 yang dikelola IndII, kata Iwan yang juga putra Limapuluh Kota.

Sementara itu, H.Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Australia yang telah turut peduli atas pembangunan Kota Padang yang tengah mewujudkan Millennium Development Goals (MDGs) di tahun 2015 mendatang. 

Wawako juga minta agar bantuan yang diterima jangan diselewengkan karena nantinya si pelaku akan berurusan dengan hukum. "Kalau sudah berurusan dengan hukum, maka akan menyita waktu dan secara otomatis akan menghambat pembangunan, disamping dosa dan predikat "manusia bermoral rendah" bagi pelakunya," imbuh Mahyeldi. 

Dilaporkan : ede
1500 Warga Padang Terima Hibah Air Minum dari Australia - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau