sumbaronline
headline
OtomotifPenjualan Motor Sumbar, Honda Perlebar Jarak Yamaha
Kamis, 03 Maret 2011 - 13:57:49 WIB


PADANG, SO--Persaingan dua merek sepeda motor Jepang yang menjadi seteru utama dalam kompetisi di pasar kendaraan roda dua (R2) Sumbar semakin seru. Pasalnya, Yamaha sempat tertinggal jauh selama tiga bulan terakhir di tahun 2010, yakni bulan Oktober sampai Desember. 

Meski sejak Januari 2011 lalu penjualan sepeda motor Yamaha di Sumbar kembali menempel ketat penjualan Honda dimana pada bulan pertama tahun 2011, Yamaha berusaha mengejar ketinggalannya. Dari 14.078 unit penjualan R2 pada Januari 2011, Yamaha mencatat angka penjualan sebanyak 5.100 unit. Hanya selisih 300 unit lebih dibandingkan seterunya Honda yang membukukan sebanyak 5.406 unit. Angka tersebut, sumbangan dari Hayati 4.064 unit dan Menara Agung 1.342 unit.

Sayang, di bulan kedua, Yamaha meraup sebanyak 5.401 unit. Sementara Honda semakin melejit. Dari gabungan kedua dealer Honda, tercatat sebanyak 6.105 unit, dengan rincian Hayati membukukan 3.551 unit dan Menara Agung 2.554 unit. Dengan demikian, terjadi selisih 704 unit yang memperlebar jarak antara Honda dan Yamaha.  

Sementara itu, motor Suzuki terjadi penurunan angka penjualan. Setelah kembali bergairah memasuki tahun kelinci dimana sepeda motor berlogo "S" ini berhasil meraih penjualan 1.806 unit dari PT Sejati Unggul Persada dan 68 unit dari CV Moris, di bulan kedua hanya meraup 1.041 unit. Angka tersebut sumbangan daro PT SUP 988 unit dan Moris 53 unit. 

Penurunan penjualan juga terjadi pada merek Jepang lainnya, yakni Kawasaki. Pada bulan Februari, motor bermoto "Let the good times roll" ini berhasil membukukan sebanyak 134 unit, hasil penjumlahan dari dua dealer Kawasaki di Padang. PT Gema Rodamas Utama yang berlokasi di Jalan Gajahmada No.23 menyumbang 80 unit, sedangkan PT Lautan Rezeki Jayawisesa yang buka showroom di Jalan Veteran No.8BCD melepas sebanyak 54 unit. Bandingkan dengan Januari sebanyak 176 unit.

Sedangkan Bajaj sebagai sepeda motor buatan India, tetap stabil melaju. Sebanyak 78 unit motor baru dilepas ke konsumen di Sumbar. Rincinya, 45 unit dari dealer Bajaj Padang dan 33 unit dari Bajaj Payakumbuh.

Yang jelas, tinggi rendahnya penjualan sepeda motor dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari ketersediaan stok, promosi yang gencar, diskon yang besar, model terbaru, serta brand image terhadap produk yang melekat di masyarakat.

Terakhir, jumlah hari kerja juga mempengaruhi angka penjualan yang diraih setiap bulan. Apalagi, selain Februari hanya 28 hari, ada dua hari libur pada bulan kedua kemaren. Tentunya, ini juga berakibat semakin sedikit penjualan yang dibukukan dealer motor. Noverry
Penjualan Motor Sumbar, Honda Perlebar Jarak Yamaha - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau