sumbaronline
headline
Kab. Solok91 Kepsek Kabupaten Solok Tandatangani Kontrak Kinerja
Senin, 28 Februari 2011 - 16:54:01 WIB


GN TALANG, SOLOK, SO--Sebanyak 91 kepala sekolah di Kabupaten Solok, yang terdiri dari 65 kepala SMP, 10 Kepala SMK dan 16 kepala SMA menandatangani kontrak kinerja masa kerja 4 tahun ke depan dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok dan disaksikan Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan Anantanur di Aula SMP 2 Gunung Talang, Cupak, Senin (28/2).
 
Penandatanganan kontrak kinerja ini merupakan tindaklanjut dari pelantikan kepala sekolah beberapa waktu lalu sebagai bentuk ikatan komitmen bersama guna memajukan pendidikan di Kabupaten Solok.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Drs. Yuswardi menyebutkan, pembangunan bidang pendidikan sebagai salah satu agenda utama pembangunan Kabupaten Solok lima tahun ke depan, berkomitmen untuk menciptakan masyarakat yang cerdas di Kabupaten Solok. Kontrak kinerja yang dilakukan para kepala sekolah dengan Dinas Pendidikan merupakan komitmen kinerja para kepala sekolah selaku garda terdepan dari elemen pembangunan bidang pendidikan.
 
"Kepala sekolah merupakan garda terdepan pembangunan bidang pendidikan. Kepala sekolah menentukan warna dari sebuah sekolah. Karenanya kontrak kinerja ini menjadi sangat penting guna memacu kinerja kepala sekolah khususnya dan meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya," ujar Yuswardi.
 
Dikatakan, persoalan dan tantangan bidang pendidikan di Kabupaten Solok kian berat. Untuk itu dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang profesional dan terencana. 

"Untuk 4 tahun ke depan, setiap sekolah harus menyusun rencana kerja dengan terlebih dahulu menginventarisir kondisi awal sekolah. Sehingga setiap sekolah akan memiliki rencana strategis pengembangan sekolah ke depannya," sebutnya.
 
Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan Anantanur mengatakan, kontrak kinerja di jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab Solok merupakan yang pertama dilakukan pada lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kab Solok. Ke depan, seluruh pejabat di setiap OPD dan di semua tingkatan akan juga dilakukan kontrak kinerja. "Saat ini jajaran Dinas Pendidikan telah memulainya dan ke depan seluruh instansi juga akan menyusul," ujar Desra Ediwan.
 
Disebutkan wabup, ke depan, jajaran pendidik ini diharapkan tidak lagi masuk ke ranah politik yang menyebabkan timbulnya berbagai warna dalam dunia pendidikan itu. "Ke depan, para kepala sekolah ini tidak lagi ikut berpolitik praktis. Hilangkan warna yang ada dan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya", ujarnya.
 
Terkait masih banyaknya keluhan masyarakat terhadap berbagai pungutan di sekolah yang memberatkan para orang tua, Desra Ediwan meminta untuk terbuka dan mensosialisasikannya kepada semua pemangku kepentingan di sekolah, seperti komite sekolah dan wali murid. Demikian juga dengan penentuan calon penerima beasiswa bagi siswa kurang mampu. Wabup menekankan untuk selektif dan berjujur-jujur. 

"Berikan beasiswa miskin kepada siswa yang betul-betul berhak menerimanya. Jangan lagi ada kepentingan dan subjektifitas sekolah dalam menentukan penerima beasiswa miskin tersebut," pinta Desra Ediwan.
 
Kontrak kinerja para kepala sekolah dengan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini berisi komitmen untuk mentaati sumpah dan janji serta komitmen sewaktu dilantik, menjalankan transparansi di setiap kegiatan di sekolah, menjalankan proses belajar mengajar yang professional, menyediakan informasi secepat mungkin bagi siapapun dan berdisiplin tinggi. HND


Berita terkait :
  • Bank Mandiri Gelar OPM di Dua Kecamatan Pessel
  • Hadapi Putaran II : Perbaiki Motivasi dan Sentuhan Bola
  • Menteri LH Resmikan Gedung Bank Sampah Barokah
  • Akibat Hujan Deras, Bibir Jalan Bukit Pulai Lumpo Terban
  • Derita Bukhari, Anak dan Istri tak Ada, Kusta Mendera

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau