sumbaronline
headline
Seni BudayaBUDAYA ALAM MINANGKABAU : Istilah Alam Minangkabau
Minggu, 30 Januari 2011 - 07:05:25 WIB


Oleh : Yulfian Azrial* 

Istilah Alam Minangkabau memiliki makna sangat luas dan dalam. Kata Alam Minangkabau tidak sekadar menunjukkan letak geografis tempat bermukimnya orang Minang di muka bumi ini. Tetapi, juga mencakup cara berpikir, atau paham yang dianut masyarakat kita tentang berbagai persoalan kehidupan. 

Kata Alam Minangkabau juga mengandung pesan moral bahwa pada prinsipnya seluruh umat manusia adalah satu; satu kesatuan dari sistem alam semesta ciptaan Allah SWT. Hal ini sekaligus tentu menjadi bukti bahwa orang Minangkabau sejak lama telah memiliki pandangan global dan wawasan yang universal.

Bagi orang Minang, keberadaan manusia sebagai perorangan, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa dipandang sebagai rahmat dan fitrah keberagaman menurut iradat Allah SWT. Sehingga dalam keberagaman itu, setiap orang harus menyadari dirinya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem alam semesta. 

Persoalan batas-batas wilayah bagi orang Minangkabau, bukanlah untuk memperbesar atau mempertajam soal perbedaan dan keberagaman. Tetapi sekadar untuk kemudahan mekanisme kemasyarakatan, sesuai seruan Allah untuk membentuk jamaah-jamaah. Karena sesuai ajaran syarak, limpahan rahmat dan berkah Allah hanya bagi orang yang teguh berjamaah dalam kehidupannya ; yang memiliki sistem sosial kemasyarakatan yang sesuai ajaran syarak (Al-Qur'an dan Sunatullah).

Karena itu untuk memahami Budaya Alam Minangkabau, perlu pemahaman utuh tentang Alam Minangkabau. Kalau tidak, kita bisa terjebak dalam kesalahan yang menyesatkan. Inilah yang sering membuat orang salah kaprah, dan kesulitan dalam mempelajari Budaya Alam Minangkabau.

Seperti diajarkan oleh orangtua-tua kita, usah ka nampak putiak dalam bungo kalau bukan mato batin nan bamain ; karuak kok indak sahabih gauang, awai kok alun sahabih raso, banyak paham nan indak langsuang
lari dari mukasuiknyo. ***

* Penulis adalah penulis Buku Budaya Alam Minangkabau dan anggota Grup Kajian Adat Alam Minangkabau
BUDAYA ALAM MINANGKABAU : Istilah Alam Minangkabau - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau