sumbaronline
headline
Kab. PasamanSMP Negeri 1 Bonjol Banyak Hasilkan Alumni Sukses
Jumat, 24 Desember 2010 - 17:26:42 WIB


BONJOL, PASAMAN, SO--SMP Negeri1 Bonjol kabupaten Pasaman, awalnya dulu bernama Sekolah Guru Bawah (SGB). Ketika SGB masih berdiri, pada waktu itu siswa SGB setamat kelas lima sudah dapat mengajar di sekolah rakyat (SR) setara dengan Sekolah Dasar (SD) sekarang.

Menurut M. Taufik, yang juga pernah menjadi Walinagari Ganggo Hilia dan mantan anggota DPRD Pasaman pada era kepemimpinan Bupati Pasaman, Taufik Marta pada sumbarONLINE.com, Jumat (24/12), mengatakan, bahwa keberadaan SGB yang sekarang menjadi SMP Negeri 1 Bonjol memiliki nilai historis yang sangat berarti sekali dalam perjalanan dunia kependidikan di daerah ini.

Kemudian, karena musim berganti zaman berubah, maka berubahlah nama SGB menjadi Sekolah Teknik (ST) yang mencetak kader siap pakai, dan mempunyai kemampuan skill dengan jurusan teknik bangunan dan teknik mesin. 

Sekolah teknik tersebut sederajat dengan SMP sekarang, dan lokasi  sekolah itu semula terletak di Kampuang Tapus, kejorongan Kampuang Jambak Ganggo Hilir Bonjol.

Ditambahkan M. Taufik, sekarang SMP Negeri 1 Bonjol telah banyak mencetak para alumni berbagai bidang disiplin Ilmu, dan bekerja pada lembaga pemerintah, swasta, wiraswasta, BUMN, Guru, dan banyak juga yang merantau ke negeri jiran Malaysia.

"Sungguh bahagianya kita sebagai alumni SMP Negeri 1 Bonjol, kemanapun kita pergi, kalau ada orang Bonjol pasti tamatan SMP Negeri 1 Bonjol. Apalagi Bonjol adalah Negeri sejarah tempat lahirnya putra terbaik bangsa, pahlawan Nasional, Muhamad Shihab bergelar Peto Syarif Tuanku Imam Bonjol," ucapnya.

Sementara alumni SMP Negeri 1 Bonjol tahun 1989, Zulkifli Rahman juga menyatakan, bahwa SMP Negeri 1 Bonjol merupakan sekolah tertua di kabupaten Pasaman yang dilalui garis nol khatulistiwa di Indonesia diluar kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

SMP Negeri 1 Bonjol yang terletak diatas Gadung kejorongan Kampuang Talang nagari Ganggo Hilia, Bonjol juga akan menuju sekolah berstandar Internasional (SBI). "Ini semua tak lepas dari dukungan moril para alumni SGB, ST dan sekarang menjadi SMP Negeri 1 Bonjol," pungkasnya. R
SMP Negeri 1 Bonjol Banyak Hasilkan Alumni Sukses - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau