sumbaronline
utama auto rental
headline
Kota Payakumbuh

Desk PPKP dan Dispora Sumbar Gelar Sosialisasi BIN Hanneg

Selasa, 31 Desember 2013 - 16:08:25 WIB

Suasana sosialisasi Bin Hanneg

Suasana sosialisasi Bin Hanneg

PAYAKUMBUH, SO -- Untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan sistem pertahanan Negara, mendorong bangkitnya jiwa Nasionalisme di lingkungan pendidikan, lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat, Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) Koordinator Daerah bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatra Barat gelar kegiatan ’’Sosialisasi Pembinaan Pertahanan Negara (Bin Hanneg) pada 23 Desember, di Kodim 0306/ 50 Kota Payakumbuh dan tanggal 24 Desember di Kodim 0304/ Agam (Bukittinggi).
 
Menurut Koordinator Daerah Desk PPKP Sumatra Barat, Kolonel Kes Siddhartha Prakasa, SE, salah satu tugas TNI dalam OMSP berdasarkan UU RI No 34 Tahun 2004 Pasal 7 serta pemberdayaan wilayah pertahanan semesta, dalam UU No 3 Tahun 2002 antara lain, pertahanan Negara disusun berdasarkan Negara kepulauan.

Tugas pemberdayaan membutuhkan kecakapan atau keahlian khusus, seperti penguasaan karekteristik wilayah serta sumber daya yang ada di wilayah Negara. Kemampuan pemberdayaan wilayah juga menyangkut penyiapan segenap sumberdaya nasional yang meliputi wilayah Negara kekuatan pendukungnya untuk melaksanakan operasi militer dan perang (OMP) pada saat diperlukan.  
 
Karena itu lanjut Siddhartha, pemberdayaan wilayah pertahana tersebut dapat dilaksanakan melalui pembinaan, kemampuan pertahanan militer dengan tujuan memelihara kelangsungan hidup bangsa dan NKRI, yang diarahkan pada sasaran tumbuhnya peran serta rakyat dalam pertahanan Negara melalui potensi, pengetahuan, dan keahlian, serta kecerdasan sebagai unsur yang memperbesar dan memperkuat TNI.

"Pembinaan pertahanan militer pada dasarnya diintegrasi dalam pembangunan nasional yang diselenggarakan oleh setiap instansi pemerintah diluar bidang pertahanan sesuai dengan fungsinya masing- masing seperti kegiatan yang dilaksanakan Dispora Sumatra Barat yang sekarang," kata Siddhartha.
 
Ketua pelaksana Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sumatra Barat, Edwarsyah Ramli, S.Sos menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat, yaitu Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi, dengan jumlah peserta 100 orang, 50 di Payakumbuh dan 50 orang di Bukittinggi, dengan riancian 20 orang dari TNI/ Militer dan 30 orang dari masyarakat.

Selain itu tambahnya, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Korda Desk PPKP Provinsi Sumatra Barat, dengan materinya sosialisasi Jakumhanneg dan sosialisasi Desk PPKP yang dikemas dengan ceramah, Diskusi dan Tanya jawab.

“Kita berharap dari kegiatan ini dapat memberikan informasi tentang BIN HANNEG dan juga terbangunnya rasa serta jiwa Nasionalisme pemuda dan masyarakat tentang pemahaman NKRI," tutur Ramli.

Dilaporkan : mul




Berita lainnya :


 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau