sumbaronline
headline
Dompet Dhuafa SinggalangDDS Gelar Pelatihan Dai Nusantara
Selasa, 22 Oktober 2013 - 09:38:10 WIB


PADANG, SO -- Kebutuhan dai terus bertambah, baik untuk peningkatan kualitas keimanan umat muslim, mualaf atau juga untuk memenuhi kehausan dahaga pencarian banyak orang tentang Islam. Daerah pelosok seringkali menjadi wilayah yang minim dai. Alhasil, agama pun dijalankan seadanya, Islam dan ritualnya saja. Pertanyaan banyak, namun tidak dengan yang menjawab.

Begitu pemaparan awal dari Ustadz dari Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), Razi, dalam pembukaan Pelatihan Dai Nusantara yang diadakan Dompet Dhuafa Singgalang di Wisma Syariah Alifah, Senin (21/10).

Sebagai  lembaga Zakat dan Sosial Kemanusiaan, DD semakin memantapkan gerak langkah dalam dakwah dengan meluncurkan program Cordofa. Selama ini program dakwah yang telah dilaksanakan oleh DD antara lain, Dakwah Rumah Sakit, Lembaga Pemasyarakatan, Kapal penumpang, Buruh Migran Indonesia di Jepang, Hongkong dan Australia.

"Dan ternyata permasalahan di kawasan perbatasan dengan negara tetangga dan pelosok negeri yang memang belum terjamah untuk penyebaran syiar agama  dan pemahaman mengenai nilai-nilai agama, berakibat pada minimnya kesadaran bernegara dan bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari," paparnya.

Berpedoman pada hal tersebut, Dompet Dhuafa merasa perlu untuk mengambil posisi sebagai sebuah lembaga yang menjembatani permasalahan ini. Dimana harapan kedepannya semakin banyaknya para Dai yang tersebar di garis depan perbatasan dan pelosok-pelosok negeri dapat mengurangi permasalahan degradasi moral, pemahaman agama dan jalan dakwah serta manfaatnya semakin terbuka bagi masyarakat.

Pelatihan yang dihadiri oleh 50 utusan dari berbagai daerah di Sumbar itu akan belangsung hingga Selasa (22/10). Mereka diberikan materi yang memperbaharui semangat mereka dalam berdakwah.

"Tujuannya, setiap dai mampu untuk berdakwah dengan lebih bijak, toleran, dan innovatif dalam memberi solusi terhadap permasalahan umat," terang Ketua Panitia, Budi Pratama.

Potensi besar dai di Sumbar berusaha digali Dompet Dhuafa agar para dai terus mengalami peningkatan kualitas dan peluasan ekspansi dakwah. Diungkapakan Kepala Divisi Program Dompet Dhuafa Singgalang, Karsini, pelatihan tersebut diangkat dengan tujuan memperkuat jaringan dakwah nasional. Juga menyegarkan kembali wawasan dakwah para dai.

Seorang dai Sumatera Barat yang telah berhasil lulus seleksi Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), Ikhlas Syamsuir, dan dikirim ke Filipina untuk berdakwah juga hadir mengisi pelatihan tersebut.

"Dai itu tidak hanya membutuhkan pengetahuan keagamaan yang baik, tapi juga cerdas dalam membaca objek dakwah, terampil dan memiliki semangat yang tak pernah putus," tegasnya.

Dilaporkan : winda



Berita terkait :
  • Payakumbuh Sukses Raih 1 Emas dan 1 Perunggu Cabor Menembak
  • Porprov XI di Sawahlunto,Tiga Cabang Olahraga Resmi Dibuka
  • Kepergok Lagi Bobok Bareng di Siang Bolong, Ditelanjangi dan Diarak
  • Isu Penculikan Anak Melalui SMS dan MLM, Warga Tarusan Giatkan Ronda
  • Jajal Pesilat Padangpanjang, Atlet Agam Patah Tulang Rusuk Kiri

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau