sumbaronline
headline
PendidikanBP PNFI Medan Adakan Keterampilan Mengemudi di LKS Sinar Maju Jaya
Jumat, 03 Desember 2010 - 15:19:46 WIB


PADANG, SO--Balai Pengembangan Pendidikan Non-Formal dan Informal (BP PNFI) Regional I yang berpusat di Medan, Sumatera Utara, membiayai pelatihan keterampilan bagi masyarakat di Padang. Maka beruntunglah sebanyak 16 orang generasi muda di Padang yang bisa mengikuti pelatihan keterampilan mengemudi secara gratis yang diberikan BP PNFI.

Secara resmi, acara pembukaan pelatihan bagi 16 siswa tersebut dilakukan di aula Lembaga Keterampilan Swasta (LKS) Sinar Maju Jaya (LKS) yang terletak di Sutan Syahrir No.114, Padang Selatan pada Kamis (2/12).

"Ini tentunya menjadi kesempatan baik dan sangat berharga bagi pemuda yang mendapat pelatihan keterampilan, sebab dana yang digunakan berasal dari daerah lain," ungkap Drs Asrizal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang membuka secara resmi kegiatan ini.

Bagi BP PNFI Regional I yang berkantor di Kenanga Raya No.64, Tanjung Sari, Medan, ini merupakan pelatihan pertama yang diberikan bagi masyarakat di Padang. Sedangkan kota lain di regional I Sumatera telah banyak yang diberikan pelatihan dengan keterampilan yang berbeda.

Disebutkan, BP PNFI dalam rangka pemanfaatan dana bantuan langsung (block grant) penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup bagi LKP/BLK/UPTD BPKB dan SKB berupa keterampilan stir mobil untuk tahun 2010.

Semua peserta akan mengikuti pelatihan selama sekitar 20 hari, persisnya sejak tanggal 2 Desember hingga 27 Desember 2010. "Kami menyediakan berbagai macam tipe kendaraan sebagai sarana latihan," ungkap Mussafarsyah, pimpinan LKS SMJ sambil menyebut mobil yang tersedia di LKS SMJ antara lain; Daihatsu Sirion dan Xenia, Toyota Kijang dan Suzuki Jimny.     

Dalam sambutannya, Mussafarsyah berpesan kepada semua siswa yang mengikuti pelatihan agar belajar dengan tekun dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapat pengalaman sehingga nantinya semakin mudah mendapatkan pekerjaan dengan harapan bisa mengurangi tingkat pengangguran di kota Padang.

Bagi LKS SMJ yang dipimpin Mussafarsyah, pelatihan seperti ini sudah sering kali diadakan. Selain bekerjasama dengan BKM, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, serta instansi lain yang ada di Sumbar, LKS SMJ telah banyak melepas siswa terampil ke masyarakat agar bisa mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan.   

Apalagi di LKS SMJ bukan hanya sekedar mengajarkan pelatihan stir mobil, tapi juga tersedia program keterampilan lain seperti mekanik sepeda motor, mekanik mobil bensin dan mesin diesel. Usai pelatihan, setiap siswa akan mendapatkan SIM A dan sertifikat kelulusan sebagai bekal mencari pekerjaan.

"Kami juga siap menerima dan melatih warga secara perorangan. Bedanya, tentu saja biayanya ditanggung pribadi," tutur Mus yang membuka 4 kantor cabang di kota Padang, yakni di Jl Sutan Syahrir 114, Jl Sawahan 72 (SPBU lama), di Jl Juanda 56, Lolong dan di Belimbing. Noverry
BP PNFI Medan Adakan Keterampilan Mengemudi di LKS Sinar Maju Jaya - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau