sumbaronline
headline
Kab. Pesisir SelatanSurat Terbuka untuk Bupati Nasrul Abit
Rabu, 31 Juli 2013 - 05:50:12 WIB


Oleh: NOVERMAL

Kepada yang terhormat
Bapak Bupati Pesisir Selatan
di tempat.

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Dengan
Hormat, Dao dan harapan saya semoga Bapak beserta jajaran Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan sukses selalu menjalankan tugas sehari-hari, amin.

Perkenankan saya memperkenalkan diri: Nama: NOVERMAL (biasa disapa Epi - Asli Koto VIII Pelangai Ranah Pesisir). Profesi: Wartawan (Sertifikat Kompetensi: Wartawan Utama). Jabatan: Redaktur Pelaksana Koran BiNNews. Organisasi : Pengurus PWI Cabang Sumbar – Anggota Tim Komunikasi DPD GERINDRA Sumbar. Alamat: Jalan Heler Gang DPRD I, RT 01/RWVIII, Kelurahan Dadok Runggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Hp. 085372981970.

Dalam hal ini saya bertindak atas nama pribadi, dan ini merupakan respon saya terhadap persoalan yang berkaitan dengan masyarakat banyak di Pesisir Selatan. Bapak Bupati yang saya hormati… Beberapa waktu belakangan, saya sebagai wartawan pernah menulis tentang persoalan pelayanan administrasi kependudukan di kabupaten Pesisir Selatan.

Dari telusuran saya, pelayanan satu pintu di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Painan sangat memberatkan masyarakat, karena masyarakat harus ke Painan untuk mengurus Akta Kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, Surat Pindah dan administrasi kependudukan lainnya.

Masyarakat mengeluh karena sangat jauh dari tempat tinggal mereka, terutama yang tinggal di kecamatan-kecamatan yang jauh dari Painan. Perlu saya jelaskan, keluhan masyarakat itu adalah, mereka harus mencari waktu khusus untuk berurusan ke Painan, dan harus meninggalkan pekerjaannya.

Mereka juga harus mengeluarkan uang untuk ongkos dan biaya makan minum ke/dan selama Painan. Dan, terkadang, pengurusannya tidak pula bisa siap satu hari, dan harus balik lagi ke Painan atau menginap di sana. Gambaran biayanya adalah, kalau masyarakat Punggasan kecamatan Linggo Sari, ongkos ke Painan lebih kurang Rp25 ribu (Rp50 ribu pulang pergi), makan siang Rp15 ribu dan biaya beli matrai dan lain-lain sekitar 10 ribu.

Artinya, untuk mengurus sebuah administrasi kependudukan, masyarakat Punggasan harus mengeluarkan uang lebih kurang Rp75 ribu. Itu belum termasuk nilai pekerjaan yang mereka tinggalkan untuk pergi ke Painan. Kondisi ini semakin memberatkan bagi masyarakat Tapan dan Lunang Silaut, termasuk masyarakat Tarusan batas Kota Padang.

Untuk itu, saya berharap supaya Bapak Bupati bisa mengembalikan pelayanan administrasi kependudukan ini ke kantor-kantor camat. Kalaupun sistem administrasinya terpusat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Painan, itu bisa diatasi dengan menugaskan seorang pegawai kantor camat yang bolak balik ke Painan untuk mengurusnya.

Pelayanan administrasi masyarakat cukup sampai di kantor camat saja. Begitu administrasinya lengkap, itu menjadi tugas pegawai kantor camat untuk melanjutkannya ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Painan.

Tentu petugas kantor camat tersebut harus dibekali dengan uang perjalanan dinas yang dari APBD. Dengan demikian, masyarakat tak lagi harus mengeluarkan uang untuk ongkos dan lainnya ke Painan, dan mereka juga tetap bisa mengerjakan pekerjaannya seperti biasa.

Saya yakin ini bisa dilaksanakan kalau Bapak Bupati mau dan itu pasti didukung oleh DPRD. Perlu Bapak Bupati ketahui, akibat pelayanan seperti itu, masyarakat Pesisir Selatan yang tak bisa mengurus langsung ke Painan telah jadi objek pungutan liar (pungli) oleh oknum-oknum tertentu, dengan alasan untuk biaya pengurusan ke Painan.

Besarannya Rp50-100 ribu untuk sebuah akta kelahiran atau administrasi kependudukan lainnya. Dan, bahkan ada pula oknum anggota DPRD yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan politiknya pada Pemilu 2014 nanti.

Mereka menawarkan jasa pengurusan administrasi kependudukan secara gratis tapi harus berjanji memilihnya di Pemilu 2014 nanti. Selain menyusahkan, kondisi ini juga mengebiri hak politik masyarakat. Bapak Bupati yang saya muliakan….

Saya yakin Bapak belum mendapatkan informasi yang utuh tentang persoalan ini, sehingga persoalan ini berlanjut terus tanpa ada perubahan yang lebih baik. Dengan surat ini, saya berharap supaya Bapak segera membuat kebijakan mengembalikan pelayanan administrasi kependudukan ke kantor-kantor camat.

Dengan demikian Bapak telah mengurangi satu beban masyarakat, dan secara tidak langsung Bapak telah memberi uang kepada masyarakat sebanyak biaya yang harus mereka keluarkan kalau berurusan langsung di Painan.

Mari kita jadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai pilot proyek pelayanan administrasi kependudukan yang efektif dan efisien di Sumatra Barat. Demikian surat ini saya sampaikan dengan harapan mendapat respon positif dari Bapak beserta jajaran terkait. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih. Padang, 28 Juli 2013. Wasalam.

Dituliskan : rel




Berita terkait :
  • Kalapas Kelas II A Barelang Tindak Tegas Petugas Terlibat Narkoba
  • Penuhi Syarat, Atlet Dayung Porprov XI Berpeluang ke Kejurnas
  • Sekdakab Agam Buka Cabor Dayung Porprov XI di Maninjau
  • Ketua DPRD Pariaman Minta Masyarakat Sukseskan Pesta Tabuik
  • Wabup Damsuar Minta Masyarakat Sukseskan Porprov XI di Padangpariaman

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau