sumbaronline
headline
Kota PayakumbuhBLSM Mengurangi Dampak Negatif Penyesuaian Harga BBM
Rabu, 26 Juni 2013 - 17:58:49 WIB


PAYAKUMBUH, SO --  Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) akan dikucurkan pada 1 Juli 2013 di Kota Payakumbuh dan Kabupaten limapuluh Kota.

BLSM merupakan bagian dari program kompensasi dari penyesuaian harga BBM yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengurangi dampak negatif penyesuaian harga BBM. Untuk memastikan program diterima yang berhak maka pemerintah memberikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Sebagaimana yang katakan Wali Nagari W. Dt.Bonsu Nan Elok, melalui Erizal  Jorong Sungai Cubadak Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota mengatakan, bahwa sampai saat ini kami dari pihak Jorong belum mendapatkan informasi tentang teknis pembagian Kartu Perlindungan Sosial(KPS), namun kami berharap batuan tersebut hendakanya memang benar-benar tepat sasaran karena dari pengalaman.  Bantuan Lansung Tunai (BLT) tahun sebelumnya banyak masyarakat miskin yang tidak kebagian.

Erizal menyebutkan jumlah KK miskin berdasarkan data BPS diJorong Sungai Cubadak tahun ini sebanyak 79 KK, sebelumnya 73 KK.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wali Nagari Koto Tangah Simalanggang Kecamtan Payakumbuh, Khairil Hadi, kami juga belum mendapatkan informasi tentang teknis pembagian dana tersebut.

Sementara, Lurah Sei Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Syahrel, menyebutkan, hingga saat ini kami juga belum menerima informasi dari pihak Kecamatan tentang pemberian dana BLSM kepada masyarakat miskin.

Sehubungan proses penyaluran dana BLSM kepada masyarakat miskin di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Kepala Kantor Pos Indonesia Payakumbuh, Kusti Andri, SE, saat di Konfirmasi oleh sejumlah wartawan, menyebutkan, BLSM tersebut rencana akan dikucurkan pada 1 Juli 2013 mendatang.

BLSM merupakan bagian dari program kompensasi dari penyesuaian harga BBM yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengurangi dampak negatif penyesuaian harga BBM. Untuk memastikan program diterima yang berhak maka pemerintah memberikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS), ulasnya.

PT. Pos Indonesia ditunjuk menjadi penyalur sesuai dengan Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang diberikan pemerintah.  Kusti Andri mengatakan, untuk wilayah Kabupaten Limapuluh Kota Kantor Pos cabang akan membantu dan menyiapkan fasilitas untuk masyarakat penerima BLSM.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dinas kesehatan, guna untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, adapun kita juga akan siagakan tim medis karna dalam antrian mungkin banyak yang sudah lanjut usia (Lansia) yang tidak kuat fisik," terang Andri.

Dengan kondisi Wilayah Kabupaten yang cukup luas dengan jarak tempuh yang cukup jauh maka kami tidak menentukan batas waktu, Cuma  untuk teknis dilapangan kita akan bekerja sama dengan pihak Nagari dan Jorong dengan tujuan agar masyarakat lebih terkoordinir.

Jumlah total KPS yang akan dibagikan untuk Payakumbuh dan Limapuluh Kota sebanyak lebih kurang 31 329 KPS, sementara yang sudah sampai di Kantor Pos Payakumbuh sekitar 13.000 KPS, dari jumlah ini sudah ada yang kita didistribusikan ke masyarakat, seperti Payakumbuh Selatan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak PT Pos Indonesia Payakumbuh bersama KPC dan  KPU yang ada di Payakumbuh dan Limapuluh Kota sudah mulai melakukan pembagian KPS lansung kepada masyarakat dengan bekerja sama dengah pihak Lurah dan Nagari, dan mereka terus melakukan koordinasi.

Dilaporkan : rino




Berita terkait :
  • Pasien Tsunami Mentawai Merasa Diabaikan RS. M. Djamil
  • Wartawan sumbarONLINE.com Menangi Lomba Cerpen "Gado-gado Cinta 2010"
  • Wabup Dharmasraya Tutup MTQ ke-VI, Kecamatan Pulau Punjung Juara
  • Antok Lenggang Pimpin Klasemen Sementara Kejurda Road Race di IMI Jambi
  • Industri Payakumbuh akan Difasilitasi Perantau Minang di Kupang

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau