sumbaronline
headline
PendidikanKKN Unand 2013 Diikuti Mahasiswa Nusantara dan Luar Negeri
Senin, 17 Juni 2013 - 11:52:21 WIB


PADANG, SO -- Sejak hari Senin, 3 Juni 2013, sebanyak 3.656 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) bersama mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di nusantara dan luar negeri melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 180 Nagari di 14 Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat, serta di Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh dan Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. 

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand, Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS, tema utama KKN tahun 2013 ini adalah “Edukasi Masyarakat tentang Dampak Narkoba”, dimana di setiap lokasi KKN akan dilaksanakan penyuluhan terhadap masyarakat dan generasi muda tentang dampak narkoba.

Berbeda dengan KKN sebelumnya, KKN Unand 2013 melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di nusantara dan luar negeri. Ini membuktikan bahwa KKN Unand dapat menjadi model yang diminati oleh perguruan tinggi lainnya baik di dalam negeri maupun luar ngeri.

Paling tidak dengan adanya keinginan mahasiswa perguruan tinggi lain mengikuti KKN bersama dengan Unand telah memberi petunjuk bahwa KKN Unand telah mendapat perhatian perguruan tinggi lain di nusantara dan luar negeri. Tentu perkembangan ini adalah modal awal yang sudah sangat luar biasa untuk mewujudkan Kuliah Kerja Nyata Nusantara yang telah digagas oleh Unand dan Unhas beberapa lalu.

Perguruan tinggi yang mengikuti KKN Unand 2013 adalah  Universitas Hasanuddin (50 orang), Universitas Jambi (12 orang), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (8 orang). Kemudian mahasiswa dari luar negeri berasal dari Jiangnan University, China (1 orang), Anhui University, China  (1 orang), University of Beijing, China (1 orang), University of Hyderabad, India  (1 orang). Pelaksanaan KKN ini bersama seperti ini dapat menumbuhkan rasa persahabatan yang dapat memperkuat NKRI dan persahabatan secara internasional oleh generasi mendatang.

Mahasiswa KKN ini telah diantar oleh pimpinan Universitas dan Fakultas dan diserahkan kepada Bupati dan Walikota di masing-masing lokasi KKN. Sambutan yang diberikan oleh masing-masing kepala daerah sangat luar biasa.

Mahasiswa yang datang untuk bertugas di nagari tempat KKN dapat dianggap dapat dijadikan dan bahkan telah terbukti dapat mengerakan pembangunan dan mengatasi berbagai persoalan yang ada di masing-masing nagari. Salah satu masalah yang sudah merusak sampai ke pelosok desa saat ini adalah penyebaran dan konsumsi narkoba yang sangat membahayakan generasi masa depan bangsa.

Oleh sebab itu salah satu program kerja KKN tahun 2013 adalah sosialisasi bahaya narkoba  dan memberi edukasi dampak penyalahgunaan narkoba di masing-masing nagari lokasi KKN.

Sosialisasi bahaya narkoba dan edukasi masyarakat tentang dampak narkoba tersebut didukung penuh oleh Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional Sumatera Barat, DPW Pemuda Pancasila. Dukungan yang diberikan Polda Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional Sumatera Barat dan DPW Pemuda Pancasila telah tertuang dalam MoU yang ditanda tangani hari Selasa tanggal 14 Mei 2013 di Gedung Kaharuddin Sutan Rang Kayo Basa.

Selanjutnya Ketua  Badan Pengelola KKN, Dr. Ir. Feri Arlius Dt. Sipado, M.Sc menjelaskan bahwa KKN 2013 lebih menekankan pada kualitas program dan kegiatan.

Pada KKN 2012 masih menekankan pada kuantitas program dan kegiatan, tetapi KKN 2013 lebih mengutamakan program dan kegiatan terpilih dan diperkirakan mempunyai dampak yang luar biasa kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan program dan kegiatan yang berkualitas ini, Unand selain bekerjasama dengan Polda Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional dan Pemuda Pancasila juga telah mengandeng Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat untuk tema program dan kegiatan Evaluasi dan Monitoring  Gerakan Pensejahteraan Petani, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat untuk tema program Nagari Model Kakao, Badan Ketahanan Pangan Provinsi untuk tema program Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat untuk tema program Inventarisasi Potensi Pariwisata Nagari, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, Kota dan Kabupaten untuk tema Sosialisasi Pemilu 2014, Asuransi Jiwasraya untuk tema program Edukasi Masyarakat tentang Manfaat Asuransi, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi untuk tema program Edukasi Pajak Masuk Desa, Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Nusantara untuk tema program Pos Pemberdayaan Sumanik Sehat, Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk pengelolaan Pusat Kegiatan Masyarakat dan Rumah Pintar.

Lebih jauh Ketua Badan Pengelola KKN menjelaskan bahwa selain tema-tema program di atas, mahasiswa juga wajib melaksanakan kegiatan dengan tema Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Adat dan Budaya di setiap nagari KKN.

Dalam kegiatan KKN ini, mahasiswa dan generasi muda di nagari membentuk suatu kelompok/ lembaga (Galanggang Anak Nagari/ Ganari) dan bersama-sama secara rutin belajar tentang adat dan budaya lokal/ Minangkabau, seperti sejarah, petatah-petitih, kato pasambahan, dan ritual adat budaya lainnya.

Unand pada tahun 2013 ini juga mengirim mahasiswanya untuk melaksanakan KKN dengan perguruan tinggi lain, yaitu KKN bersama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat di Universitas Syiah Kuala – Aceh (16 orang) dan dengan Universitas Hasanuddin Makassar (12 orang).  Terkait dengan ini, Ketua Badan Pengelola KKN, Dr. Ir. Feri Arlius Dt. Sipado, M.Sc. menjelaskan, bahwa untuk lebih menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme mahasiswa, maka KKN bersama ini akan ditingkatkan dari tahun ke tahun dan dalam waktu yang tidak terlalu lama menjadi “KKN Nusantara” yang akan diikuti oleh 50 perguruan tinggi di Indonesia dengan Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin dan Universitas Gadjah Mada sebagai perguruan tinggi perintis KKN di Indonesia.

Dilaporkan : rel




Berita terkait :
  • Pemkab dan DPRD Pessel Tandatangani KUA PPAS APBD 2011
  • Takut Tsunami dan Gempa, Bupati Nasrul Abit Siap Tandatangani Surat Pindah
  • Mesin Honda New MegaPro Memang Sangat Responsif
  • Ekslusif Amadeus Suropati : Orang Pertama Indonesia Main di Australia
  • Hyundai New Tucson, Penantang Baru di Kelas SUV

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau