sumbaronline
headline
BatamKemendagri Gelar PATEN Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
Selasa, 19 Maret 2013 - 10:45:52 WIB


BATAM, SO -- Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum melaksanakan kegiatan Lokakarya Inovasi Manajemen Pelayanan Kecamatan (PATEN-Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan).

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 sampai 21 Maret 2013, dimana acara dibuka langsung oleh Direktur Dekonsentrasi dan Kerjasama bapak Sirajuddin Nonci. Dalam pembukaan ini ikuti pula oleh pajabat pada Biro Pemerintahan Propinsi, pejabat dari Bagian Pemerintahan, Bagian Organisasi, Kantor/Dinas/Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Camat/Sekcam dan Kasi Pelayanan Kecamatan Kabupaten dan Kota dari sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Sesuai Amanat UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Bahwa daerah dinerikan kewenangan penuh untuk menagtur dan mengurus pemerintahan diluar yang menjadi kewenangan urusan Pemerintah.

Daerah memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan daerah untuk memberikan pelayanan, peningkatan peran serta, prakarsa dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat. sejalan dengan hal tersebut, implementasi kebijakan otonomi daerah telah mendorong terjadi perubahan baik secara struktural, fungsional maupin kultural dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah, ulasnya.

Salah satu perubahan esensial adalah perubahan yang menyangkut kedudukan tugas pokok dan fungsi Kecamatan. Sebagai garda terdepan dari pemerintahan daerah kecamatan harus mampu memberikan prinsip dasar pelayanan publik yang harus berorientasi pada kepuasan masyarakat (custumer Statisfaction) dimana jasa atau pelayanan yang diberikan benar dibutuhkan masyarakat, sehingga kepuasan terhadap pelayanan tersebut akan berdampak akan meningkatkan kepercayaan (trust) masyarakat pada pemerintah.

Paten merupakan salah satu inovasi pelayanan administrasi yang dilakukan untuk mengubah pola pikir (mind set) aparatur untuk lebih efektif melaksanakan tugas dan fungsinya guna mendorong terciptanya mekanisme partisipasi masyarakat. ujar beliau

Diakhir sambutannya Sirajuddin mengharapkan kepada semua peserta untuk betul-betul menghayati dan menyimak nantinya lokakarya ini sehingga hasil nya untuk didaerah nantinya akan terwujud pelayanan adminitrasi terpadu kecamatan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 4 tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administarsi Terpadu Kecamatan.

Kegiatan lokakarya ini dihadiri 128 peserta dari 4 propinsi di Pulau Sumatera dan tempat kegiatan dilaksanakan di Nagoya Plaza Batam Kepulauan Riau. Dari Propinsi Sumatera Barat Hadir Kabiro Pemerintahan yang diwakili oleh Kasubag Pembinaan Otonomi Daerah Andre Setiawan, SSTP, MPA, dan perwakilan dari 3 Kabupaten (Pesisir Selatan, Pasaman, 50 Kota) dan 2 Kota ( Padang dan Pariaman)
.

Dilaporkan : eka
Kemendagri Gelar PATEN Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau