sumbaronline
headline
Kota PariamanPenyuluh Agama Mengaku Didzalimi Kemenag
Rabu, 13 Februari 2013 - 12:06:12 WIB


PARIAMAN, SO—Sejumlah Penyuluh Agama Honorer (PAH) di Kota Pariaman mengaku keberadaan mereka disingkirkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag).

Padahal, mereka telah mengabdikan diri berkisar tiga hingga empat tahun. Bahkan ada yang sudah masuk database Kemenag Pusat. Akibatnya, harapan mereka menjadi pegawai negeri musnah.

Tindakan penyingkiran itu, menurut mereka, dilakukan Kakan Kemenag H Hendri SAg bersama Kepala Seksi Pekapontren dan Penamas Zahardi SAg MA dengan cara melaksanakan seleksi tertulis dan wawancara. Hal ini memberi peluang masuknya calon PAH baru dan mengakibatkan sejumlah PAH yang sudah lama mengabdi dinyatakan tidak lulus.

Untuk seleksi tertulis, 23 Januari 2013, saja kami dinyatakan tidak lulus, otomatis kami tidak bisa mengikuti ujian lisan / wawancara, 1 s/d 3 Februari 2013 (pada kertas pengumuman Panitia Seleksi tertulis 01 – 03 Januari 2013 - red). Selain itu, ada seorang PAH yang sudah mengabdi sejak 2009 tidak bisa ikut seleksi lantaran pada saat bersamaan isterinya melahirkan. Permohonan mengikuti seleksi susulan pun tidak digubris.

Guna memperjuangkan nasib mereka, menurut beberapa PAH, mereka akan mengadukan hal itu kepada Walikota dan DPRD Kota Pariaman.

“Setahu kami, tindakan Kakan Kemenag Kota Pariaman itu hanyalah kebijakan sepihak untuk memasukkan orang-orangnya menjadi PAH. Dengan kata lain tidak ada dasar hukumnya. Di samping itu, seleksi dilaksanakan secara internal tanpa melibatkan pihak independen,” cetus seorang PAH yang meminta namanya tidak ditulis.

Tidak berkualitas

Ketika wartawan www.sumbaronline.com mengonfirmasikan hal itu, Selasa (12/2) siang di halaman Masjid An Nur Zainul, Kakan Kemenag Kota Pariaman Hendri yang didampingi Kasi Pekapontren Dan Penamas Zahardi menegaskan, kebijakan melakukan seleksi terhadap calon PAH 2013 mereka lakukan berdasarkan surat Kakanwil Kemenag Sumbar dan Keputusan Menteri Agama.

“Kami memiliki dasar yang kuat,” kata Hendri sembari meminta Zahardi memotokopikan surat dimaksud dan menyerahkan kepada wartawan www.sumbaronline.com.

Menurutnya, seleksi dilaksanakan setelah pihaknya melakukan evaluasi terhadap para PAH. “Ternyata kami menemukan banyak PAH yang tidak berkualitas, bahkan ada yang tidak bisa membaca Al-Quran,” cetusnya.

Selain itu, lanjut Hendri, dalam evaluasi juga ditemukan banyak PAH yang tidak aktif melaksanakan tugas dan tidak mengirimkan laporan secara rutin dan periodik ke Kantor Kemenag. “Malah kami menemukan ada beberapa PAH yang tidak lagi berdomisili di Kota Pariaman seperti telah merantau ke Pekanbaru.”

Zahardi menambahkan, sesuai kebutuhan tahun 2013 ini pihaknya akan merekrut 89 orang tenaga PAH. Mereka akan ditempatkan pada 64 masjid dan 25 mushalla yang tersebar pada 16 kelurahan dan 55 desa di empat kecamatan dalam Kota Pariaman.

Dilaporkan: Zakirman Tanjung



Berita terkait :
  • SMP Negeri 2 Canduang Kembali Mendulang Prestasi Nasional
  • Hj Animar Harapkan Pemerintah Percepat Pencairan Dana Gempa 2009
  • Warga Sambut Gembira Bupati Ali Mukhni Gratiskan Pembuatan KTP dan KK
  • Butuh Alumunium dan Kaca Perumahan, PT Barelang Glassindo Ahlinya
  • Berasa Anak Nagari, Kemenag Agam Beri Apresiasi Kafilah Candung

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau