sumbaronline
headline
Alirman soriKomite I DPD RI dan KPU Bahas Persiapan Pemilukada dan Pemilu
Selasa, 11 Desember 2012 - 11:20:24 WIB


JAKARTA, SO--Lagi, rapat kerja antara Komite I DPD RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait permasalah Pemilukada dan persiapan Pemilu 2014 kembali digelar. Rapat kerja ini diawali dengan paparan pokok-pokok penjelasan, yang dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab.

Rapat dipimpin oleh H. Alirman Sori, SH., M.Hum., MM selaku Ketua Komite I DPD RI (senator asal Sumatera Barat) dan juga didampingi dua orang wakil ketua, Denty Eka Widi Pratiwi dan Kamaruddin.

Rapat Kerja yang berlangsung selama 2 jam tersebut telah menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya:

1.    Persoalan-persoalan Pemilukada diantaranya mengenai: tahap persiapan menyangkut keterlambatan pencairan anggaran di beberapa wilayah, data penduduk yang berbeda antara data Pemilu 2009 dan data Adminduk yang membuat KPU daerah kesulitan menetapkan jumlah minimal dukungan untuk calon perseorangan. Sedangkan dalam tahap pelaksanaan menyangkut pemutahiran data, verifikasi parpol, dan verifikasi administrasi terkait dokumen pencalonan, banyaknya pelaksanaan kampanye di luar jadwal. Tahap penyelesaian, menyangkut masalah regulasi yang belum jelas mengatur calon pengganti calon perseorangan yang mengundurkan diri atau meninggal, yang menurut aturan perundang-undangan diusulkan oleh Kepala Daerah sejumlah 2 (dua) calon kepada DPRD. Banyaknya gugatan yang diproses di MK yang putusannya mempengaruhi dan/atau mengubah hasil Pemilukada yang  sudah ditetapkan sebelumnya oleh KPU Propinsi atau KPU Kab/Kota.

2.    Terkait dengan pelaksanaan Pemilukada untuk Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2014, hingga saat ini KPU mengacu pada perundang-undangan yang ada yaitu Pemilukada diselenggarakan selambat-lambatnya 30 hari sebelum masa jabatan berakhir.

3.    Syarat bagi calon Petahana (incumbent) DPD RI terkait dengan prosedur formal, syarat administrasi merupakan syarat formal yang diatur dalam UU maka KPU dalam membuat peraturan menganut prinsip non diskriminatif serta menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4.    KPU sedang merancang pedoman teknis untuk Penyelenggaraan Pemilu 2014 dan belum ada perubahan formulir terkait dengan persyaratan pencalonan. Pada prinsipnya penduduk yang memberikan dukungan harus jelas identitasnya.

5.    Khusus untuk NAD, dimana penyelenggara Pemilu (KIP-Komisi Independen Pemilihan), masih menggunakan beberapa dokumen yang menggunakan logo Sekretariat KPU dan sebagian urusan menggunakan logo KIP. Ke depan diusulkan untuk diseragamkan dengan menggunakan logo KIP.

6.    Terkait dengan netralitas PNS yang rentan terhadap politisasi oleh incumbent maka KPU melaksanakan komunikasi dengan Kepala Daerah yang mengacu pada peraturan disiplin PNS selain itu terkait dengan status PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon.   

7.    Struktur KPU dan KPU Provinsi/Kabupaten/Kota adalah hirarkhis. Terhadap pelaksanaan Pemilukada, dalam hal otoritas pengambilan keputusan berada pada wilayah-wilayah masing-masing, dimana KPU Pusat hanya memiliki kewenangan melakukan supervisi. Sedangkan untuk Pemilu Nasional, KPU memegang penuh otoritas pelaksanaannya.

8.    Terkait dengan otoritas Bawaslu pada prinsipnya Bawaslu dan Panwaslu Kab/Kota menjadi bagian dari penyelenggaraan Pemilu. Adapun Bawaslu dan Bawaslu Provinsi bersifat permanen sedangkan Panwaslu Kab/Kota bersifat ad hoc.

Dilaporkan : Jasfrynensih

Komite I DPD RI dan KPU Bahas Persiapan Pemilukada dan Pemilu - Sumbaronline.com



Berita terkait :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
Facebook
KOTA KABUPATEN   RANTAU >BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
sumbaronline on facebook sumbaronline on twitter sumbaronline on google plus
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau