sumbaronline
headline
Kota PariamanTabuik Dibuang, Ombak Pantai Gandoriah "Mengganas"
Minggu, 25 November 2012 - 23:43:29 WIB


PARIAMAN, SO--Ombak mengganas tiba-tiba di Pantai Gandoriah mulai sekitar pkl 16.00 wib sampai maghrib tadi (25/11). Hempasan ombak hampir menyapu sebahagian besar kawasan objek wisata Kota Pariaman, sehingga banyak pedagang terpaksa mengungsikan lapak dagangannya. Dimana areal tersebut menjadi lintasan pembuangan kedua Tabuik Piaman di hari puncak prosesi Pesta Budaya Tabuik 2012 petang tadi pkl 17.35 wib.

Mengganasnya ombak yang bertubi-tubi menyapu pantai tak menyurutkan sebahagian besar pengunjung pantai yang menunggu acara pembuangan tabuik sampai prosesi berakhir. Bahkan ada yang masih nekad bermain-main di bibir pantai dekat ombak menghempas meskipun tidak ada yang mandi-mandi di laut.

Pengunjung yang memakai celana dan sepatu banyak mengalami basah karena air laut, karena ombak menyapu pasir pantai sejarak sampai 10 – 20 meter ke daratan. Dimana biasanya menjadi areal public yang luas dan tempat lapak pedagang yang menyediakan payung dan kursi buat santai.

Di bagian ke dekat tanggul pembatas pasir pantai dengan jalan objek wisata itu, tercipta genangan air sedalam 20 sampai 30 cm sejajar pantai. Mengakibatkan adanya hempasan ombak dan genangan air yang memakan areal pengunjung, menjadikan banyak pengunjung enggan untuk berada di atas pasir, sehingga tidak terjadi lautan manusia saat pembuangan tabuik.

Konsentrasi pengunjung menjadi terpecah. Di sejumlah kursi pedagang yang memakai payung terisi pembeli minuman botol dan air kelapa muda, meski tempatnya terkena hempasan ombak dan sudah basah tetap saja bertahan.

Niang Edy (40-an) salah seorang nelayan yang mangkal di Pantai Gandoriah saat ditanyakan di lokasi, pertanda apakah ombak naik ke pantai ini mengatakan, bagi nelayan ini hal biasa. Sudah musim “bintang banyak” dimana ombak dan cuaca ekstrim. Ditambah lagi petang hari seperti biasa pasang akan naik.

Selain berkaitan dengan pembuangan kedua tabuik di akhir puncak Pesta Budaya Tabuik 2012 tadi sore, sepanjang areal Pantai Gandoriah terlihat petugas pantai berjaga-jaga dan memperingatkan pengunjung untuk tidak mandi-mandi air laut. Karena akan membahayakan.

“Sejak pagi kami telah mendirikan 2 buah tenda dan 2 buah perahu karet. Mengerahkan 25 personil untuk membantu pengunjung agar nyaman melihat prosesi tabuik. Mengantisipasi kalau-kalau mereka mandi-mandi di laut,” ujar Elvis Chandra, SH, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Pariaman yang sibuk mengatur personilnya dan mengawasi pengunjung, saat ditemui di lokasi.

Meskipun ombak menghempas sampai ke atas pasir pantai, tak terjadi hal-hal yang tak diingini, termasuk saat kedua tabuik dibuang ke laut, dimana langsung diserbu masyarakat.

Dilaporkan : @rkhi



Berita terkait :
  • Dunia Melayu Dunia Islam Bantu Korban Tsunami Mentawai dan Gempa Padang
  • Stand Padang Panjang Tampilkan Produk Kulit, Hiburan pun Memukau
  • Menjual Padang Panjang di Batam, Peminat pun Antusias
  • Rujak Pantai Padang, Kini Ada di Jembatan Marelang
  • Doa Sepertiga Malam

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau