sumbaronline
headline
Kota Padang Paling Lambat 2013, OKP Harus Sesuai UU Kepemudaan
Kamis, 22 November 2012 - 21:40:10 WIB


PADANG, SO--Sebanyak 30 orang peserta dari unsur organisasi kepemudaan se-Sumbar, antara lain KNPI, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNP, Dewan Mahasiswa IAIN, PW IPM, DPD PPM, IMM, PPI, BEM Unand, dan DPD AMPI mengikuti Pelatihan Peningkatan Mutu Pengelolaan Organisasi Kepemudaan tingkat Daerah tahun 2012, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang difasilitasi Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar.

Kegiatan yang berlangsung Kamis (22/11), di Hotel Padang ini, turut menghadirkan nara sumber Asdep Bidang Kepemudaan Kemenpora Faisal Al Islami, Kadispora Sumbar Dr.H.Syahrial Bakhtiar, MPd dan Ketua Umum DPD KNPI Sumbar Adib Alfikri SE, MSi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar Edwarsyah Ramli mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemuda dalam mengelola organisasi. Seluruh peserta dibekali materi, antara lain tentang kebijakan Kemenpora, sosialisasi UU Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, character bulding, dan kepemimpinan.

“Ini adalah program dari Kemenpora yang difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, dalam hal ini Bidang Pengembangan Pemuda. Kami berharap para peserta dapat memaksimalkan kegiatan ini dengan baik, sehingga bisa diimplementasikan dalam kehidupan berorganisasi dan dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat,” kata Edwarsyah Ramli.

Sementara Kadispora Sumbar melalui Sekretaris Adib Alfikri, SE, MSi, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengaku bangga dan memberikan apresiasi terhadap program yang digulirkan oleh Kemenpora.

Menurutnya, hal ini sangat positif untuk kemajuan organisasi kepemudaan di Sumatra Barat, mengingat potensinya yang dinilai luar biasa. “Potensi generasi muda Sumbar sudah dibuktikan diberbagai bidang antara lain di bidang olahraga, juara umum MTQ, mahasiswa berprestasi debat Bahasa Inggris, pemuda pelopor bidang pendidikan, siswa berprestasi olimpiade kimia, pemuda berprestasi Nasional Design Taman dan lain-lain. Merekalah yang saat ini sedang mengharumkan nama Sumbar di tingkat Nasional . Selain itu peran pemuda juga dapat diandalkan sebagai agen perubahan, control social, dan kekuatan moral,” tutur Adib Alfikri.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Ketua DPD KNPI Sumbar Adib Alfikri yang juga menjabat Sekretaris Dispora Sumbar menyampaikan defiinsi pemuda sesuai UU nomor 40/2009, adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

Substansi UU Kepemudaan tersebut, melingkupi tangggung jawab hukum dari pemerintah pusat terhadap pemuda, agar pemuda bisa memiliki kapasitas dan daya saing.

“Selain itu, inti UU Kepemudaan adalah penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda, serta menjamin sumber pendanaan bagi program pembangunan kepemudaan. Sasarannya adalah pemuda sebagai individu, kelompok dan lembaga,” terangnya

Dengan demikian, tambah Adib, setiap organisasi kepemudaan yang terkait dengan pelayanan kepemudaan harus menyesuaikan dengan ketentuan UU itu, paling lama 4 tahun terhitung sejak peraturan itu diundangkan.

"Jadi paling lambat tahun 2013 semua OKP harus menyesuaikan diri dengan UU Kepemudaan. Tapi kalau ada yang tidak mau, pemerintah tidak akan melarangnya dengan catatan segala urusan yang terkait dengan organisasi itu di luar tanggung jawab pemerintah" pungkas Adib mengingatkan.


Dilaporkan : Mul


Berita terkait :
  • Doa Sepertiga Malam
  • Negeri Orang-orang Bodoh
  • Penyidik Polres Dharmasraya Terus Lengkapi Berkas Pemukulan Anggota DPRD
  • Ada "Naga" Diatas Kemilau Danau Maninjau
  • Pergi ke Jerman, Mendagri Telah Layangkan Surat Teguran ke Gubernur

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau