sumbaronline
 
headline
Kab. Padang PariamanWirid dan Senam Sebaiknya di Dua Tempat
Jumat, 16 November 2012 - 20:41:21 WIB


PADANG PARIAMAN, SO--Setiap perubahan niscaya disertai konsekuensi. Begitu pula keputusan Bupati Padang Pariaman pindah kantor dari Kota Pariaman ke Paritmalintang. Lantaran belum semua unit kerja yang pindah, mobilitas urusan pun berada di dua lokasi.

Mulai Kamis 25 Oktober lalu Bupati, Wakil Bupati dan Sekretariat Daerah berkantor di gedung baru kantor bupati di Paritmalintang. Hal itu sesuai dengan ketersediaan ruangan pada satu unit gedung berlantai tiga itu. Sedangkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti dinas, badan dan kantor masih melaksanakan aktivitas perkantoran di Kota Pariaman.

Sementara itu, mengingat masih ada ketersediaan ruangan kosong, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) juga bakal pindah ke Paritmalintang. Unit kerja lain konon sedang menyusun rencana mencari rumah kontrakan di sekitar Paritmalintang untuk berkantor.

Konsekuensi kepindahan bupati serta sekretariat daerah ke Paritmalintang adalah terjadinya arus bolak-balik para pejabat dan staf antara kedua lokasi, selain untuk berkoordinasi juga untuk mengantar atau menandatangani surat-menyurat. Namun, masalah terjadi terkait pelaksanaan wirid pengajian setiap Jumat pagi serta senam massal setiap Rabu pagi.

Sebab, seluruh pejabat dan staf Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman diwajibkan menghadiri dan mengikuti wirid dan senam tersebut. Selesai wrid dan senam, seluruh pejabat dan staf harus kembali ke kantor masing-masing guna melaksanakan tugas.

Masalahnya, jarak dari kantor bupati di Paritmalintang ke kantor mereka di Pariaman berkisar 25 km. Bukan hanya jarak yang jauh, melainkan tidak ada rute angkutan umum secara langsung. Untuk bepergian dari Pariaman ke Paritmalintang minimal harus empat kali sambung angkutan umum dan sepeda motor ojek dengan ongkos bisa mencapai Rp15.000 sekali jalan.; Di sisi lain, mayoritas staf pemkab tidak memiliki kendaraan sendiri.

Alhasil, setelah beberapa kali pelaksanaan wirid dan senam banyak pejabat dan staf yang berkantor di Pariaman yang tidak hadir. Kalaupun hadir, kembali ke Pariaman umumnya sudah lewat jam sepuluh. Akibatnya, pelayanan administrasi publik jadi terlantar.

Menyikapi hal itu, sejumlah pejabat dan staf pemkab pun menyuarakan aspirasi mereka melalui wartawan www.sumbaronline.com. Mereka mengemukakan harapan agar Bupati Ali Mukhni mengeluarkan kebijakan pelaksanaan wirid dan senam di dua tempat; masing-masing di kantor bupati baru dan di kantor bupati lama.

"Kalau upacara bendera gabungan tap Senin pertama setiap bulan atau upacara peringatan hari-hari besar nasional tidak apalah dilaksanakan di Kantor Bupati Paritmalintang," cetus mereka.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mawardi Samah yang dikonfirmasikan www.sumbaronline.com, Jumat (16/11) sore, menyatakan dapat memahami aspirasi dimaksud. "Kami segera meneruskan kepada Pak Bupati melalui telaah staf," katanya.

Ketika tentang Bappeda dan DPPKA kapan pindah ke Paritmalintang, Sekda Mawardi menjelaskan, Bappeda sedang dalam proses, sedangkan DPPKA segera setelah penetapan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) menjadi APBD 2013.

Dilaporkan: ZT



Berita terkait :
  • Relawan Tua Merapi, Sulandari : "Disini Saja Saya Ngurusin..."
  • Ini Dia, 10 Mobil Terlaris di Bulan Oktober 2010
  • Jelang Piala AFF 2010, Adu Tajam di Barisan Depan
  • Pengunjung Sumatera Ekspo Ramai Kunjungi Stand Padang Panjang
  • Alis Marajo "King of Politic" Dibibir Tokoh

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    Facebook
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau