sumbaronline
utama auto rental
headline
Kota Padang

Nyaris Tertipu, Angkot Mati KP Ketahuan

Kamis, 01 November 2012 - 23:04:54 WIB


PADANG, SO -- Luar biasa! Berkat ketelitiannya, salah seorang anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang berhasil menggagalkan aksi jual-beli kendaraan bekas jenis angkot (oplet), baru-baru ini.

Pasalnya, angkot yang mau dijual tersebut ternyata sudah mati KP alias dicabut izin trayeknya dan tidak boleh beroperasi lagi oleh Dishub Kota Padang.

Aksi ini baru ketahuan ketika salah seorang yang mengaku baru saja membeli sebuah jenis angkot warna biru langit dan bermaksud ingin memperpanjang izin KP ke Dishub Kota Padang.

Saat itu, si pembeli yang mengaku warga Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung bertanya kepada salah seorang petugas Dishub yang kebetulan sedang berada di lapangan parkir kantor Dishub Padang, yakni Jefri Sawal (anggota bidang angkutan Dishub Kota Padang).

“Ya, saya baru tahu kalau mobil yang mau dibeli orang tersebut adalah mobil bedah atau sudah mati KP setelah mengecek di daftar kendaraan yang sudah dicabut izin trayeknya, seperti yang ditempelkan di depan ruangan tempat pengurusan izin trayek tersebut,” ungkap Jefri kepada www.sumbaronline.com, Kamis (1/11).

Jefri menceritakan, kejadiannya sekitar seminggu lalu. Saat itu dirinya ditanya salah seorang yang mengaku mau mengurus perpanjangan izin trayek angkot. Tanpa menaruh curiga, ia langsung menunjukkan orang tersebut ruangan tempat pengurusan izin trayek atau perpanjangan KP.

Setelah dicek, surat-surat kendaraan yang dibawa orang tersebut, ternyata plat nomor kendaraannya sama dengan yang ada di dalam daftar kendaraan yang telah mati KP. Yakni, BA 2932 JR. Sontak si pembeli tersebut terkejut dan atas saran Jefri sebaiknya niatnya mau membeli mobil angkot yang sudah masuk kategori mobil “bedah” tersebut diurungkan saja.

“Untuk memastikannya, saya diajak orang tersebut ke lokasi tempat mobil angkot itu berada. Setelah sampai di lokasi, ternyata memang benar dan barulah ia percaya. Akhirnya orang tersebut memutuskan tidak jadi membeli mobil angkot itu dan nyaris tertipu,” kata Jefri seraya menyebutkan lokasi penemuan mobil angkot itu dekat semak-semak di Jalan Marapalam Raya Padang, di samping sebuah bengkel.

Berdasarkan informasi dari orang yang mau membeli tersebut, mobil angkot itu katanya mau dijual seharga Rp45 juta dengan tahun pembuatan 2002. Mungkin dianggap harganya cukup murah, si pembeli itu menjadi tertarik. Sementara si pemilik kendaraan seperti yang tertulis di dalam foto kopi STNK yang ditahan Dishub bernama Syafei Rj Bujang yang kata si pembeli saat ini sedang berada di Solok.

Angkot tersebut sebelum dicabut izin trayeknya, adalah melayani rute Pasar Raya-Kampung Jua-Tarantang-Baringin via Lubuk Begalung, dengan kode trayek 436.

Kepala Dishub Kota Padang, Firdaus Ilyas ketika dikonfirmasi di tempat terpisah mengaku bersyukur dan bangga melihat kesigapan anggotanya tersebut. Ia memberikan apresiasi atas ketelitian anggotanya dalam menjalankan tugas pekerjaan.

“Atas nama pimpinan, saya memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kinerja anggota saya tersebut. Sebab, berkata ketelitiannya dalam menjalankan tugas, orang yang nyaris tertipu berhasil kita selamatkan,” tutur Firdaus dengan wajah senang.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati dalam membeli mobil angkot bekas supaya terhindar dari praktek penipuan. Sebaiknya sebelum melakukan transaksi jual-beli, hendaknya dilakukan dulu pengecekan ke Dishub Kota Padang.

Sebab, baru-baru ini Dishub Kota Padang sudah mengumumkan lebih dari 500 kendaraan angkot yang telah dicabut izin trayeknya.

Dilaporkan:
Noa





Berita lainnya :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau