sumbaronline
utama auto rental
headline
Otomotif

Kawasaki KLX 150s dan D-Tracker 150, Pilih Motor Trail atau Supermotor?

Senin, 08 November 2010 - 16:52:00 WIB


PADANG, SO--Saat ini Kawasaki menyediakan beberapa pilihan sepeda motor kepada penggemar motor sejatinya. Mulai dari jenis moped (bebek), sport, trail sampai supermoto. Khusus untuk motor off-road, tersedia dua pilihan menarik, yakni Kawasaki KLX dan D-Tracker. 

Bedanya, KLX jenis trail, sedangkan D-Tracker model supermoto (motor trail untuk jalan raya). Kawasaki pun tak tanggung-tanggung terjun dengan menyediakan dua jenis dapur pacu, yaitu 150cc dan 250cc.

Meski pasar model Supermoto di Indonesia masih relatif baru, apalagi di Sumbar, namun PT Lautan Rezeki Jayawisesa selaku dealer Kawasaki tetap optimistis model yang dipasarkan akan mendapatkan sambutan positif dari konsumen di Sumbar.

"Alam di Ranah Minang itu kan  konturnya ekstrim, jadi dibutuhkan motor yang mampu melewati medan ekstrim," sebut Ir Thomas Nauli, Direktur PT LRJ yang buka showroom dan bengkel di Jalan Veteran No.8BCD, Padang pada sumbarONLINE.com, hari ini.

Kawasaki sebagai pabrikan motor yang sudah mendunia, memang sedang menciptakan pasar baru sepeda motor, yaitu pasar supermoto. Tentunya ini bukan sekadar coba-coba, tetapi didasari hasil penelitian dan perhitungan yang matang terhadap kondisi pasar. 

"Saat ini tidak sedikit pecinta sepeda motor di tanah air yang menginginkan sepeda motor trail, namun tetap bisa digunakan sehari-hari di jalan raya," papar pria berkacamata ini.

Bila diamati, penampilan D-Tracker 150 hampir mirip dengan pendahulunya Kawasaki KLX150S. Keduanya juga mengusung mesin yang sama yaitu 144 cc, empat langkah, SOHC, dua katup, dan berpendingin udara. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 8,60 kilo Watt pada 8.000 rpm (rotary per minute) dan torsi maksimum 12 Nm pada 6.500 rpm. 

KLX 150S merupakan aura petualangan sejati sebagai sport trail enduro premium. "Dimensi tingginya 1.080 mm serta ground clearance 250 mm, cocok ditunggangi pengendara motor di Sumbar, baik di trek on-road maupun off-road," tutur Thomas.

Sedangkan saudaranya, D-Tracker 150, menjawab tantangan para bikers bergaya metropolitan. Dengan bodi aerodinamis aggressive styling menjadikan trend motor masa kini. 

Sepintas, motor ini seperti "mainan", dimensinya seperti lebih kecil ketimbang saudaranya di trah trail. Namun dengan ban telapak lebar dan sokbeker USD (up-side down), cocok bermanuver ekstrem di jalan aspal.

Perbedaan mencolok adalah penggunaan velg yang digunakan, 17 inci untuk depan dan belakang. Sementara KLX150S menggunakan velg 19 di roda depan dan 16 inci di belakang. Ban depan D-Tracker150 menggunakan ban berukuran 100-80 R14, sedangkan di belakang 120-80 R14. Beda lainnya, D-Tracker 150 didukung shock absorber upside down. Karakter suspensi ini membuat D-Tracker 150 cukup empuk, tapi tidak loyo di jalan berbatu.

Sebagai gambaran, PT LRJ memasang banderol harga KLX 150s seharga Rp 22 juta dan D-Tracker 150 senilai Rp 24,5 juta on the road di Padang. "Ada subsidi uang muka sebesar Rp 1 juta dari perusahaan pembiayaan," ujar Thomas yang didukung tiga leasing, seperti WOM Finance, OTO Kredit Motor dan Bhakti Finance. 

Nah, untuk yang ingin naik spek (spesifikasi) motor, bisa saja memilih kapasitas silinder yang lebih besar, yakni 250cc. Kebetulan Kawasaki Padang juga menyediakan kedua model motor tersebut. Untuk KLX 250s labelnya Rp 57,6 juta dan D-tracker 250 seharga Rp 58,9 juta. 

Selanjutnya, tinggal pilih yang sesuai dengan selera dan isi kantong masing-masing. Noverry





Berita lainnya :

 
TERKINI
TERPOPULER
 
KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
sumbaronline
facebook twitter google plus pinterest
- Bukittingi
- Padang
- Pariaman
- Payakumbuh
- Pdg. Panjang
- Sawahlunto
- Kota Solok

- Agam
- Dharmasraya
- Mentawai
- Limapuluh Kota
- Padang Pariaman
- Pasaman
- Pasaman Barat
- Pesisir Selatan
- Sijunjung
- Solok
- Solok Selatan
- Tanah Datar

- Kepri
- Riau
- Bengkulu
- DKI Jakarta
- Palangkaraya
- Ekonomi
- Hukum/Kriminal
- Hiburan
- Pendidikan
- Politik
- Olahraga
- Otomotif
- Iptek
- Aspirasi
- Pariwisata
- Profesi
- Perempuan
- Reliji
- Seni Budaya
- Tokoh
- Kesehatan
- Sumatera Barat
- Kotapariaman.go.id
- Fokusriau.com
- Berita Menarik
- Pemprov
- Legislator
- Kolom Alirman Sori
SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau