sumbaronline
headline
Kab. Padang PariamanPembangunan Dermaga Pelabuhan Percepat Kemajuan Daerah
Minggu, 01 Juli 2012 - 10:59:49 WIB


PADANGPARIAMAN, SO--Kegigihan dan kesungguhan Bupati Ali Mukhni mengupayakan sumber-sumber dana pembangunan daerah semakin menampakkan hasil. 

Di pertengahan tahun 2012 ini saja sedang berlangsung sejumlah kegiatan dengan dana besar yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Kelak, setelah selesai pembangunannya dan beroperasi, proyek-proyek itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta mempercepat kemajuan daerah.
 
Di antara proyek besar itu adalah Pembangunan Dermaga Pelabuhan Kapal dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP); keduanya berlokasi di Pantai Tiram, Kenagarian Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, serta Pembangunan Jalur Kereta Api dari Stasiun Duku menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM).
 
Khusus untuk pembangunan dermaga telah dimulai pelaksanaan pembangunannya, sebab telah datang alat berat untuk pemasangan tiang beton di lokasi, Selasa (26/6). Dermaga berstandar internasional ini akan sama dengan dermaga-dermaga yang ada di seluruh Indonesia, khususnya untuk bongkar muat barang.
 
Bupati Padang Pariaman Drs H Ali Mukhni menyatakan, dermaga tersebut akan bermanfaat untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran, terutama di sekitar pembangunan dermaga. 

“Bagaimana tidak? Dengan selesainya dermaga ini nanti, otomatis akan tercipta pelayanan yang bermanfaat untuk kemajuan daerah dalam segala bidang," ujar Bupati Ali Mukhni ketika meninjau kedatangan alat berat yang akan melaksanakan proyek pembangunan dermaga di Korong Kambia Ampek, Kenagarian Batang Anai, pekan lalu.
 
Saat itu bupati didampingi antara lain oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan dan Informatika (Dishub Kominfo) Budi Utama SE MSi, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Ir Ali Amran MP dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Asmi B. 

Berbagai proyek pembangunan yang sedang dilaksanakan di kabupaten ini, kata dia, sangat sesuai dan sejalan dengan visi dan misi daerah yang sudah dirumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) dan rencana strategis (renstra) tahun 2010-2015. 

Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menetapkan beberapa program strategis untuk kemajuan daerah. Salah satunya pembangunan dermaga yang akan selesai tahun 2014.
 
"Keberadaan dermaga ini sangat bermanfat multi fungsi dalam menekan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Padangpariaman ke depan," ujarnya. 

Apalagi, lanjut dia, berbagai fasilitas pendukung juga sedang dilaksanakan pemkab, seperti pembangunan jalan BIM – Ketaping – Ulakan Tapakis – Pariaman, normalisasi Sungai Batang Naras untuk mengatasi bencana banjir. 

Selanjutnya, pembangunan Irigasi Anai II yang akan mengairi areal pertanian seluas 6.000 hektar, pembenahan objek wisata Malibaou Anai dengan finishing pembangunan waterboom, pembangunan jalan cepat dua jalur dari Duku – Sicincin melalui Ibukota Kabupaten di Parit Malintang, pembangunan embarkasi haji di Kecamatan Batang Anai dan sekarang pembangunan pelabuhan laut serta BP2IP di Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Ia pun menjelaskan, dermaga tersebut akan berfungsi untuk kapal-kapal barang yang akan melaksanakan bongkar muat. Selama ini berbagai barang, misalnya pupuk untuk para petani masih turun di Teluk Bayur Padang, ke depan semua barang telah dapat dilaksanakan bongkar muatnya di dermaga yang akan dibangun sekarang ini. Makanya, dukungan semua elemen masyarakat sangat menentukan untuk kesuksesan pembangunan dermaga ini. 

“Segala bentuk dukungan dari masyarakat sangat menentukan agar pelaksanaan proyek dermaga ini berjalan sesuai dengan aturan. Apalagi proyek ini adalah skala nasional yang dilaksanakan oleh kontraktor pusat. Sumber dananya langsung dari APBN tahun 2012,” papar bupati.    

Multi efek pembangunan dermaga ini sangat jelas untuk kemajuan daerah ke depan. Bahkan semua masyarakat di sekitar dermaga ini tidak akan ada lagi yang hidup menganggur, karena mereka telah dapat melaksanakan aktifitas di dermaga ini. Dukungan semua masyarakat sangat menentukan agar proyek ini selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Keberhasilan pembangunan itu semua berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat, baik yang berada di kampung  maupun di perantauan, yang selalu menjalin jembatan hati dengan jajaran pemerintahan yang ada di Kabupaten Padangpariaman,” katanya mengakui.
 
Tanpa kerjasama dan jalinan silaturrahim, ulas Ali Mukhni, dirinya tidak mungkin mampu menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan. Salah satu bukti kerjasama yang baik dan sangat bermanfaat tersebut adalah program pembuatan website nagari beserta bantuan peralatan pendukungnya di seluruh nagari di Kabupaten Padangpariaman. 

"Atas  kerjasama itu, kami atas nama pemkab menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya. Semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi anak cucu kita kelak," ulasnya.

Mantan Ketua DPRD Padang Pariaman Yulius Danil menyatakan, proyek dermaga ini sangat bermanfaat untuk daerah ke depan. "Artinya, dukungan semua masyarakat sangat menentukan. Sehingga semua masyarakat di sekitar dermaga ini akan terserap menjadi tenaga kerja, kalau dermaga telah selesai dibangun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Apalagi proyek ini tingkat nasional, semua dana dari pusat," tambahnya.
 
Kepala Dishub Kominfo Budi Utama menambahkan, kehadiran kegiatan pembangunan proyek-proyek besar nasional di Padang Pariaman menunjukkan kesungguhan jajaran pemkab Padang Pariaman dalam membangun daerah. 

“Khususnya pembangunan prasarana di sektor perhubungan akan mempercepat akselerasi kemajuan daerah. Dengan kata lain, dengan ketersediaan sarana dan prasarana perhubungan yang moderen, daerah kita akan menjadi sentra dalam pergerakan arus orang dan barang,” katanya menjelaskan.
 
Pembangunan dermaga pelabuhan yang lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Bandar Udara / Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akan menjadi satu-kesatuan yang saling melengkapi. Upaya Bupati Ali Mukhni bersama jajaran terkait mengupayakan sumber dana untuk proyek besar ini bakal menjadikan Kabupaten Padang Pariaman menuai kemajukan dalam segala bidang. 

Dampaknya akan sangat besar untuk percepatan perekonomian masyarakat. Dengan adanya bandara dan pelabuhan yang didarati pesawat terbang dan kapal-kapal dari berbagai negara, pemasaran berbagai komoditi yang dihasilkan masyarakat akan bisa dilakukan dengan cepat dan harga tinggi.
 
Tidak sekadar bandara dan pelabuhan, pada saat bersamaan jalur cepat menuju dan dari kawasan itu pun sedang dibangun pula. Untuk pertama kali di Indonesia, BIM bakal dimasuki moda kereta api, yang pada gilirannya tentu menjangkau area pelabuhan Tiram. Begitupun jalan raya juga sedang dibangun.
 
Bahkan, untuk lebih melengkapi, Kementerian Perhubungan saat ini memulai pembangunan BP2IP yang bakal menghasilkan tenaga-tenaga handal di bidang kelautan. Asrama untuk embarkasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji pun segera pula hadir.
 
Maka, selayaknyalah masyarakat Kabupaten Padang Pariaman bersyukur kepada Allah Yang Mahaagung Yang telah menjadikan pemimpin daerah mereka memiliki kesungguhan mengabdi dan mau bekerja keras untuk kemashlahatan rakyat. 

Dituliskan : advertorial



Berita terkait :
  • Korban Gempa Mentawai Minta Gubernur Pulang
  • Husni Kamil Manik : Daerah Episentrum Tanpa Peringatan Dini
  • Penambahan Modal Pemprov ke Bank Nagari Mendesak
  • Sukses, Kerbau Sirah Pecundangi Laskar Ken Arok
  • Mardinas : Isilah SOTK dengan Calon Pejabat yang Miliki Kompetensi

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau