sumbaronline
headline
bn motivationKiat SUKSES Membangun USAHA
Minggu, 17 Juni 2012 - 12:36:39 WIB


Oleh : Bustami Narda *)

Pada hakekatnya, membangun usaha tak berapa jauh bedanya dengan membangun rumah. Sebab sama-sama membutuhkan pondasi dan bangunan lainnya yang kuat, supaya bangunan setelah berdiri nanti tidak mudah roboh. 

Sebuah rumah apabila dibangun dengan pondasi dan bangunannya yang lain kokoh, tidak akan mudah roboh walaupun suatu ketika diterpa angin atau badai sekalipun. 

Demikian pula dengan sebuah usaha. Apabila usaha dibangun dengan pondasi dan bangunannya yang lain setelah usaha itu berdiri...  kokoh, tidak pula akan mudah bangkrut atau gulung tikar, walaupun diterpa angin atau badai krisis moneter sekalipun.

Karena itu, ketika sebuah usaha akan anda bangun, perhatikanlah terlebih dahulu beberapa hal yang akan anda jadikan adukan bahan untuk pondasi dan jenis bangunannya yang lain, sebagai berikut:

1) Tekad. Tekad merupakan adukan bahan bangunan yang sangat penting bagi sebuah bangunan usaha. Tekadlah yang akan menjadikan bangunan usaha yang anda dirikan kokoh dan kuat. 

Tekadlah yang membuat usaha anda tidak mudah roboh, tidak mudah gulung tikar, tidak mudah menyerah ketika tantangan dan rintangan menghadang. 

Tekad jauh lebih penting daripada modal berupa uang. Kendatipun uang banyak, apabila tekad tak anda miliki, niscaya hanya akan menjadikan uang anda mudah habis. Dengan demikian, ketika sebuah usaha akan anda bangun, mulailah bangun dengan membulatkan tekad sekuat-kuatnya. 

2) Perencanaan. Perencanaan diperlukan pula dalam membangun usaha. Perencanaan yang matang akan menjadikan usaha yang anda bangun bisa sesuai dengan target yang anda inginkan. Perencanaan yang kurang matang akan membuat bangunan usaha yang anda dirikan akan mudah robohnya. 

Namun ingat, jangan sampai perencanaan membuat anda ragu membangun usaha. Perencaan haruslah mampu memperkuat bangunan usaha setelah diaduk dengan tekad. 

Dengan matangnya perencanaan, ketika usaha akan anda dirikan, sudah terbayang di kepala anda seperti apa usaha yang akan anda dirikan nanti, setelah dia setahun berdiri, dua tahun berdiri, tiga tahun berdiri dan seterusnya. Dengan adanya perencanaan, usaha yang anda dirikan akan mampu anda pertahankan dan anda kembangkan atau anda perbanyak cabang- cabangnya nanti. 

3) Jujur. Kejujuran adalah campuran adukan bahan bangunan usaha yang tak kalah pula penting artinya. Kalau tekad dimisalkan dengan semen, perencanaan diumpakan dengan air pengaduk, kejujuran bisa diibaratkan dengan pasir. 

Pondasi bangunan hanya semen dan air saja, tanpa diberi pasir, dapat anda bayangkan apa jadinya. Artinya, seorang pengusaha yang tidak jujur, tidaklah akan pernah usaha yang dibangun atau dirikannya bisa berkembang, dan sebaliknya hanya akan hancur berantakan. Orang yang tidak jujur, yang tidak bisa dipercaya, tidak akan bisa sukses dalam membangun usaha. 

Seorang pengusaha harus bisa dipercaya pelanggan, sehingga produk yang dipasarkannya tidak mengecewakan konsumen. Seorang pengusaha harus pula bisa dipercaya jaringan usahanya, sehingga dia bisa dipercaya oleh bank, oleh jaringan sesama pengusaha yang berhubungan dengannya dan lain sebagainya. 

Suatu contoh, sebuah toko dengan merk yang terpampang besar di depannya, akan ditandai konsumen dengan garis negatif apabila produk yang dijualnya mengecewakan dan akan ditandai konsumen dengan garis positif apabila barang-barang yang dijualnya menyenangkan pembelinya.

Ingat, bahwa bukan hanya toko anda saja yang bisa pembeli membeli, tetapi banyak sekali toko-toko lain. Karena itu, apabila barang yang anda jual mengecewakan pembeli, jangan harap pembeli akan datang lagi berbelanja ke toko anda. 

Jika anda kekurangan modal, kalau anda diketahui seorang yang jujur, orang akan berebut memberikan modal kepada anda. Bisa saja modal berupa barang-barang yang bisa anda jual dan bisa juga modal berupa uang yang ditawarkan bank. 

4) Lokasi. Lokasi anda mendiringan usaha cukup pula artinya, kendatipun tidak terlalu menentukan dibandingkan dengan ketiga hal di atas tadi. Ibaratkan rumah, lokasi ini sama dengan atap. Rumah tanpa atap akan basak ketika hujan b tiba dan akan kepanasan ketika terik matahari tidak. Namun atapnya bisa saja dari daun rumbia, dari seng atau asbes. 

5) Pelayanan. Pelayanan sqangat menentukan pula dalam sebuah bangunan usaha. Usaha apapun yang anda bangun, pelayanan sangat menentukan sukses atau tidaknya usaha anda. 

Pelayanan yang ramah, yang santun, yang tidak terkesan sombong, baik kepada konsumen kalau anda menjual produk maupun kepada jaringan usaha seperti distributor atau kepada pengecer kalau anda distributor atau kepada nasabah kalau anda mendirikan usaha perbankkan, sangalah penting. 

Jika diibaratkan kepada bangunan rumah, pelayanan sama dengan jenis bahan bangunan berupa kayu, paku, cat dan sejenisnya. Di mana, semua ini akan membuat bangunan semakin kuat dan indah sehingga senang orang melihatnya.

Sehubungan dengan ini, aduklah semua jenis bahan yang saya sebutkan di atas, yang terdeiri dari. Semua jenis bahan ini jangan ada yang anda kurangi, agar dia benar-benar seimbang.

Selanjutnya, setelah adukan selesai jangan anda tunggu lama, namun langsunglah anda bangun. Ibaratkan adukan bahan bangunan seperti semen, air dan pasir dan lain sebagainya pada sebuah bangunan rumah, jika sempat setelah diaduk ditunggu lama, dia tidak akan menjadi bangunan, tetapi akan menjadi batu yang sama sekali tidak ada gunanya untuk bangunan rumah.

Dalam membangun usaha tidak pula bisa didiamkan lama setelah semua jenis bahan  tadi diaduk. Jika didiamkan lama, dia hanya akan menumpuk menjadi angan-angan yang melayang di awang-awang. 

Seorang pengusaha harus memiliki mimpi, tetapi mimpi tersebut harus segera diwujudkan dalam bentuk nyata. Mimpi yang hanya dalam bentuk wanacana saja, bukanlah mimpi seorang pengusaha. 

Mimpi yang hanya dalam bentuk wancana, adalah mimpi penghayal. Seorang pengusaha tidak boleh hanya berhayal. Kalau seorang pengusaha hanya bisa berhayal, bisa-bisa suapnya ke belakang alias tak makan.

*) Penulis buku, bernaung di bawah PENERBIT DEBE MUSTIKA. Salah satu buku terlarisnya adalah "Menjadi ORANG KAYA Raya"



Berita terkait :
  • Gampangnya Nyawa Melayang di Areal PETI
  • 10 Tahun Dipasarkan, Honda CR-V Masih Teratas di Kelas SUV
  • Mahasiswa STIT Al Yaqin Sijunjung Peduli Mentawai
  • Bertransaksi, Kurir Sabu Dibekuk Satnarkoba Polresta Padang
  • Gubernur ke Jerman Tinggalkan Ribuan Pengungsi Mentawai

  •  
    TERKINI
    TERPOPULER
     
    KOTA KABUPATEN   RANTAU BERITA KHAS TAUTAN
    sumbaronline
    facebook twitter google plus pinterest
    - Bukittingi
    - Padang
    - Pariaman
    - Payakumbuh
    - Pdg. Panjang
    - Sawahlunto
    - Kota Solok

    - Agam
    - Dharmasraya
    - Mentawai
    - Limapuluh Kota
    - Padang Pariaman
    - Pasaman
    - Pasaman Barat
    - Pesisir Selatan
    - Sijunjung
    - Solok
    - Solok Selatan
    - Tanah Datar

    - Kepri
    - Riau
    - Bengkulu
    - DKI Jakarta
    - Palangkaraya
    - Ekonomi
    - Hukum/Kriminal
    - Hiburan
    - Pendidikan
    - Politik
    - Olahraga
    - Otomotif
    - Iptek
    - Aspirasi
    - Pariwisata
    - Profesi
    - Perempuan
    - Reliji
    - Seni Budaya
    - Tokoh
    - Kesehatan
    - Sumatera Barat
    - Kotapariaman.go.id
    - Fokusriau.com
    - Berita Menarik
    - Pemprov
    - Legislator
    SumbarOnline.com - Gerbang Berita Padang - Sumatera Barat - Rantau